Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Sabtu, 24 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia
AS sudah menjatuhkan banyak sanksi terhadap Rusia tetapi tidak memiliki dampak serius. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Amerika Serikat pada Jumat mengeluarkan sanksi besar-besaran terhadap Rusia atas kematian pemimpin oposisi Alexei Navalny dan untuk menandai ulang tahun kedua invasi ke Ukraina, dengan menargetkan lebih dari 500 orang dan entitas ketika Washington berupaya meningkatkan tekanan.

Departemen Keuangan AS menargetkan hampir 300 orang dan entitas, sementara Departemen Luar Negeri menargetkan lebih dari 250 orang dan Departemen Perdagangan menambahkan lebih dari 90 perusahaan ke dalam "Daftar Entitas".

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

1. Perusahaan Kapal Tanker Sovcomflot

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Foto/Reuters

AS pada hari Jumat menjatuhkan sanksi terhadap kelompok kapal tanker terkemuka Rusia, Sovcomflot (FLOT.MM), membuka tab baru, menuduhnya terlibat dalam pelanggaran batasan harga minyak Rusia G7.

“Sovcomflot secara keseluruhan, sebagai perusahaan induk, telah terlibat dalam pelanggaran batasan harga selain aktivitas penipuan,” kata seorang pejabat senior Departemen Keuangan.

Mereka juga menargetkan 14 kapal tanker minyak mentah yang Sovcomflot minati, karena Washington berupaya mengurangi pendapatan Rusia dari penjualan minyak yang dapat digunakan untuk mendukung invasi ke Ukraina.

Departemen Keuangan mengeluarkan izin umum yang mengizinkan pembongkaran minyak mentah, atau kargo lainnya dari kapal selama 45 hari. Mereka juga mengeluarkan izin umum yang mengizinkan transaksi dengan semua kapal milik Sovcomflot lainnya saat ini.

G7, UE, dan Australia memberlakukan batasan harga sebesar USD60 per barel pada minyak Rusia pada akhir tahun 2022. Aturan tersebut melarang penggunaan layanan maritim Barat seperti transportasi, asuransi, dan pembiayaan untuk pengiriman minyak dengan harga setara atau di atas batasan tersebut.


2. Infrastruktur Keuangan Rusia

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Foto/Reuters

Departemen Keuangan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menjatuhkan sanksi pada Sistem Kartu Pembayaran Nasional milik negara, operator sistem pembayaran Mir.

Kartu pembayaran Mir menjadi lebih penting sejak pesaingnya, AS, menghentikan operasinya di Rusia setelah Moskow mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina, dan kartu pembayaran mereka yang diterbitkan di negara tersebut tidak lagi berfungsi di luar negeri.

“Proliferasi Mir yang dilakukan pemerintah Rusia telah mengizinkan Rusia untuk membangun infrastruktur keuangan yang memungkinkan upaya Rusia menghindari sanksi dan membangun kembali hubungan yang terputus dengan sistem keuangan internasional,” kata pernyataan Departemen Keuangan AS, dilansir Reuters.

Juga menjadi sasaran lebih dari selusin bank Rusia, perusahaan investasi, dana modal ventura, dan perusahaan fintech, termasuk SPB Bank (SPBE.MM), membuka tab baru, dimiliki oleh SPB Exchange, yang merupakan bursa saham terbesar kedua di Rusia dan berspesialisasi dalam perdagangan saham asing.

3. LNG Arktik 2

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Foto/Reuters

AS juga menargetkan produksi dan ekspor energi Rusia di masa depan, dengan menargetkan proyek LNG 2 Arktik di Siberia. Pada bulan November, Washington menjatuhkan sanksi terhadap entitas besar yang terlibat dalam pengembangan, pengoperasian, dan kepemilikan proyek besar tersebut.

Pada hari Jumat, Departemen Luar Negeri AS menargetkan perusahaan pembuat kapal Zvezda Rusia, yang dikatakan terlibat dalam pembangunan hingga 15 kapal tanker gas alam cair (LNG) khusus yang dimaksudkan untuk digunakan dalam mendukung ekspor LNG 2 Arktik.

Perusahaan ini juga mendaftarkan SPG Transportasi Laut Arktik Modern Perseroan Terbatas, yang menurut Departemen Luar Negeri AS mempunyai hubungan dengan proyek tersebut. Setelah sanksi bulan November, produsen LNG terbesar Rusia, Novatek (NVTK.MM), membuka tab baru, dan TotalEnergies Perancis (TTEF.PA), membuka tab baru harus menyatakan force majeure kepada klien atas pasokan dari proyek tersebut.

Rosgeologia, sebuah perusahaan milik negara Rusia yang menyediakan jasa eksplorasi geologi, termasuk jasa pencarian dan eksplorasi ladang minyak dan gas, juga menjadi sasaran.

4. Ust-Luga

Dua perusahaan menjadi sasaran karena keterlibatan mereka dalam pengembangan dan pengoperasian kompleks LNG Rusia di pelabuhan Ust-Luga di Laut Baltik - perusahaan patungan Rusia yang membangun kompleks LNG di pelabuhan tersebut dan anak perusahaannya.

5. Sanksi untuk China, Uni Emirat Arab, Turki dan Kazakhstan yang Berafiliasi dengan Rusia

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Foto/Reuters

AS juga menjatuhkan sanksi terhadap entitas yang berbasis di China, Turki, Uni Emirat Arab, dan Kazakhstan atas penghindaran sanksi Barat terhadap Rusia dan melakukan penimbunan kembali, termasuk pengiriman barang-barang yang diandalkan Moskow untuk sistem persenjataannya.

Washington semakin berupaya untuk menindak tindakan-tindakan yang dilakukan Rusia.

Sanksi Departemen Keuangan menunjuk enam perusahaan yang berbasis di Tiongkok untuk mengirimkan mikroelektronik dan barang teknologi lainnya ke Rusia, dan daftar Departemen Luar Negeri AS mencakup tiga perusahaan China lainnya.

Sanksi tersebut juga menargetkan Aktsionernoe Obshchestvo Avia Fed Service yang berbasis di Rusia, Linker FZE yang berbasis di UEA, dan Obshchestvo S Ogranichennoy Otvetstvennostyu Ukon yang berbasis di Republik Kyrgyzstan karena memasok suku cadang pesawat dan truk ke negara ketiga.

6. Militer Iran

Washington juga menjatuhkan sanksi terhadap Kementerian Pertahanan dan Logistik Angkatan Bersenjata Iran (MODAFL) untuk pertama kalinya di bawah otoritas Rusia, meskipun sudah berada di bawah sanksi AS.

Departemen Luar Negeri menuduh mereka terlibat dalam transfer senjata antara Iran dan Rusia, termasuk amunisi dan drone.

Tindakan Departemen Keuangan tersebut menargetkan jaringan di Zona Ekonomi Khusus Alabuga Rusia di mana Rusia, bekerja sama dengan Iran, memperoleh dan memproduksi drone.

Pernyataan itu mengatakan Rusia dan MODAFL telah bekerja sama untuk membiayai dan memproduksi “drone kamikaze” rancangan Iran untuk digunakan di Ukraina.

7. Sektor Pertambahan Rusia

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Foto/Reuters

AS juga mengambil sasaran lebih lanjut pada sektor logam Rusia, dengan menargetkan produsen emas Uzhuralzoloto, produsen pipa terbesar Rusia, Perusahaan Metalurgi Pipa, dan produsen produk aluminium Pabrik Metalurgi Samara.

Produsen baja besar Rusia, Mechel, juga ditambahkan ke dalam daftar tersebut, dan Departemen Keuangan mengatakan bahwa anak perusahaannya menyediakan baja yang digunakan dalam helikopter serang KA-52 Rusia.

Produsen batubara SUEK ditambahkan ke dalam daftar sebagai "perusahaan logistik transportasi unggulan Rusia yang mengoperasikan infrastruktur kereta api sendiri dan terlibat dalam angkutan truk dan layanan transportasi lainnya."

Rheingold Edelmetall, sebuah perusahaan investasi logam mulia yang berbasis di Liechtenstein, ditambahkan ke dalam daftar tersebut karena, menurut Departemen Keuangan, perusahaan tersebut telah "berkolaborasi dengan perusahaan logam yang berbasis di Rusia untuk menyamarkan asal usul logam mulia Rusia."

Selain itu, warga negara Jerman Bernd Guenter Diegelmann, karyawan Rheingold Edelmetall yang berbasis di UEA, “mengatur penjualan batu mulia Rusia di UEA,” kata Departemen Keuangan.

8. Perusahaan yang Berafiliasi dengan Korea Utara

Deretan Sanksi AS yang Justru Memperkokoh Rusia

Foto/Reuters

Departemen Luar Negeri juga menjatuhkan sanksi terhadap Perusahaan Bongkar Muat Vostochnaya. Dikatakan lebih dari 7.400 kontainer amunisi dan bahan-bahan terkait telah dikirim ke Rusia melalui terminal perusahaan di Pelabuhan Vostochny, di mana Rusia telah mengimpor kontainer pengiriman yang membawa kargo terkait militer dari Korea Utara untuk digunakan di Ukraina.

PJSC TransContainer yang berbasis di Rusia, operator kontainer antarmoda yang menawarkan layanan transportasi militer kepada angkatan bersenjata Rusia dan berperan dalam pengiriman ilegal amunisi dan sistem persenjataan Korea Utara untuk digunakan di medan perang di Ukraina, juga terkena sanksi oleh Departemen Keuangan.

TransContainer juga merupakan operator terminal kereta api baru di KEK Alabuga, dan kepemimpinannya adalah bagian dari delegasi Rusia yang mengunjungi Iran pada tahun 2023, kata Departemen Keuangan.

9. Institusi Nuklir

AS juga menargetkan Alexandrov Research Institute of Technology, anak perusahaan Rosatom, perusahaan nuklir negara, yang menurut Departemen Luar Negeri terlibat dalam perancangan, pengujian, dan dukungan reaktor tenaga nuklir dan propulsi angkatan laut, termasuk untuk kapal selam Rusia.

10. Pabrik Senjata

Departemen Luar Negeri juga mengatakan pihaknya menargetkan hampir 60 entitas dan individu yang terlibat dalam pembuatan senjata, amunisi, dan material terkait sebagai bagian dari upayanya untuk mengganggu dan menurunkan basis industri militer Rusia.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)