Israel-Hamas Sepakat Pulihkan Kedamaian di Jalur Gaza

Sabtu, 21 Juli 2018 - 07:46 WIB
Israel-Hamas Sepakat Pulihkan Kedamaian di Jalur Gaza
Israel-Hamas Sepakat Pulihkan Kedamaian di Jalur Gaza
A A A
GAZA - Israel dan Hamas sepakat untuk memulihkan kembali kedamaian di Jalur Gaza. Demikian pernyataan juru bicara Hamas, kelompok bersenjata Islam yang mengontrol daerah kantong tersebut.

"Dengan upaya Mesir dan PBB telah disepakati untuk kembali ke era tenang antara (Israel) dan faksi Palestina," kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoum kepada Reuters, Sabtu (21/7/2018).

Para pejabat Israel tidak segera mengomentari pengumuman itu tetapi seorang jurubicara militer mengatakan bahwa pada Sabtu dini hari, tidak ada kegiatan militer yang diketahui di Jalur Gaza. Penduduk Palestina juga mengatakan daerah itu telah kembali tenang.

Pada hari Jumat, orang-orang bersenjata Palestina membunuh seorang tentara Israel di sepanjang perbatasan Gaza dan militer Israel meluncurkan puluhan serangan ke Jalur Gaza yang menewaskan empat orang Palestina, termasuk tiga pejuang Hamas. Setidaknya 120 warga Gaza terluka.

Tentara itu adalah yang pertama dibunuh di Gaza dalam tugas aktif sejak perang 2014 antara Israel dan Hamas, kata seorang jurubicara militer Israel.

Selama gejolak yang berlangsung beberapa jam, militer Israel mengatakan tank-tanknya telah mencapai 68 target Hamas dan telah menghilangkan sekitar 60 bangunan dan infrastruktur dan mencabut kemampuan militer dan komando serta kontrol yang signifikan.

Pejabat keamanan Mesir dan seorang diplomat dari negara lain yang tidak disebutkan namanya mengadakan kontak dengan Hamas dan Israel dalam upaya untuk memulihkan ketenangan dan mencegah kerusakan lebih lanjut, seorang pejabat Palestina mengatakan kepada Reuters.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3450 seconds (0.1#10.140)