Mengapa Mesir Membangun Tembok Misterius di Perbatasan dengan Gaza?

Sabtu, 17 Februari 2024 - 17:54 WIB
loading...
A A A
Selain citra satelit, foto dan video area tersebut yang diambil dan dipublikasikan oleh anggota Yayasan Hak Asasi Manusia Sinai juga menunjukkan pekerjaan konstruksi sedang berlangsung.

4. Membangun Lokasi bagi 100.000 Pengungsi Palestina

Mengapa Mesir Membangun Tembok Misterius di Perbatasan dengan Gaza?

Foto/Reuters

Kelompok tersebut mengatakan dalam sebuah laporan awal pekan ini bahwa rekaman tersebut – yang belum diverifikasi oleh BBC – menunjukkan sebuah pagar dengan tembok setinggi tujuh meter sedang dibangun di daerah tersebut.

Laporan tersebut juga mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut yang mengatakan bahwa pembangunan sedang dilakukan dengan tujuan “menerima pengungsi dari Gaza jika terjadi eksodus massal penduduk Jalur Gaza”.

The Wall Street Journal mengkonfirmasi laporan tersebut dengan pejabat Mesir dan analis keamanan, menyatakan bahwa tempat yang sedang dibangun berukuran 8 mil persegi (20,7 km persegi) dan dapat menampung lebih dari 100.000 orang.

Berbicara kepada wartawan asing pada hari Kamis, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dengan tegas menyatakan mengenai masalah ini: “Negara Israel tidak mempunyai niat untuk mengevakuasi warga sipil Palestina ke Mesir.

“Kami menghormati dan menghargai perjanjian perdamaian kami dengan Mesir, yang merupakan landasan stabilitas di kawasan serta mitra penting.”

Israel tahu bahwa mereka tidak boleh terlihat akan mengusir warga Palestina dari tanah mereka, namun hal ini tidak berarti bahwa hal ini akan mencegah orang-orang untuk meninggalkan tanah mereka jika mereka menginginkannya.

Israel tidak akan menghalangi jika Mesir bersedia menerima sekitar 100.000 pengungsi (seperti yang diperkirakan oleh beberapa perkiraan mengenai kapasitas tempat yang dibangun di Sinai, Mesir).

Para pejabat PBB sangat khawatir, khawatir akan terjadinya evakuasi massal. "Sepertinya menuju ke sana," kata seorang pejabat yang enggan disebutkan namanya kepada BBC.

5. Mencegah Bencana Kemanusiaan

Mengapa Mesir Membangun Tembok Misterius di Perbatasan dengan Gaza?

Foto/Reuters

Berbicara kepada kantor berita Reuters di Konferensi Keamanan Munich, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi memperingatkan bahwa limpahan pengungsi dari Rafah ke Mesir akan menjadi "bencana bagi rakyat Palestina... bencana bagi Mesir dan bencana bagi Mesir", masa depan perdamaian".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)