7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Sabtu, 17 Februari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
“Satu demi satu negara Rusia menyingkirkan orang-orang terbaiknya disingkirkan orang-orang yang bisa mengatakan kebenaran demi kekuasaan,” kata Nina Khrushcheva, profesor hubungan internasional di New School di New York.

Oposisi berkisar dari kaum liberal yang berorientasi Barat hingga komunis garis keras dan pendukung nasionalis radikal atau bahkan monarki dari kebangkitan kembali kekaisaran Rusia.

Beberapa aktivis oposisi khawatir terhadap dua tokoh penentang Putin, yakni Ilya Yashin, yang menjalani hukuman 8,5 tahun penjara karena mendiskreditkan angkatan bersenjata, dan Vladimir Kara-Murza, yang menjalani hukuman 25 tahun penjara atas tuduhan makar.

Mantan komandan milisi nasionalis Rusia Igor Girkin, yang menuduh Putin dan petinggi militer gagal dalam perang di Ukraina, bulan lalu divonis bersalah oleh pengadilan Moskow karena menghasut ekstremisme dan dipenjara selama empat tahun.

“Kita semua sudah memahami bahwa tempat penahanan bisa berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan,” kata istri Strelkov. “Khususnya bagi mereka yang tidak setuju dengan sistem.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)