7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Sabtu, 17 Februari 2024 - 23:23 WIB
loading...
7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin
Kematian Alexei Navalny memiliki dampak serius bagi gerakan oposisi di Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kematian kritikus Kremlin Alexei Navalny membuat lawan-lawan Presiden Vladimir Putin kehilangan pemimpin mereka yang paling tangguh dan orang yang, bagi sebagian orang, mewujudkan harapan masa depan yang lebih baik di Rusia.

Layanan penjara Rusia mengatakan Navalny, 47, pingsan dan meninggal pada hari Jumat setelah berjalan-jalan di koloni hukuman Arktik, sebuah pernyataan yang tidak dapat dikonfirmasi oleh sekutu dan istrinya.

Navalny sejauh ini merupakan pemimpin oposisi yang paling menonjol sejak menjadi terkenal secara internasional selama protes jalanan pada tahun 2011, dan beberapa pendukungnya percaya bahwa dia pada akhirnya akan bebas dan menjadi pemimpin Rusia.

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

1. Kelompok Oposisi Rusia Tidak Memiliki Pemimpin

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Foto/Reuters

Kematiannya, jika dikonfirmasi, akan membuat kelompok-kelompok penentang Putin tidak punya tokoh, dan tidak ada kandidat yang jelas untuk mencoba mengubah ketidakpuasan atas kematiannya menjadi protes massal.

“Kematian ini adalah tentang kita semua,” kata Andrei Kolesnikov, peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Centre, dilansir Reuters. "Tentang masyarakat yang acuh tak acuh. Tentang kekejaman yang sembrono. Tentang hilangnya harapan."

“Sekarang panglima tertinggi kita tidak memiliki persaingan – dia sekarang adalah Solus Rex, satu-satunya raja,” katanya.


2. Kebebasan Berpendapat Makin Dikekang

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Foto/Reuters

Jaksa memperingatkan warga Rusia agar tidak berpartisipasi dalam protes massal apa pun di Moskow.

Polisi menyaksikan beberapa orang Rusia datang untuk meletakkan mawar dan anyelir di sebuah monumen korban penindasan Soviet di bawah bayang-bayang bekas markas besar KGB di alun-alun Lubyanka, Moskow.

Saat berjaga di ibu kota Georgia, Tbilisi, tempat banyak pendukung Navalny mencari perlindungan, ratusan emigran anti-Kremlin mengepung kedutaan Rusia yang tutup di kota itu.

3. Membangun Harapan bagi Masa Depan Rusia

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Foto/Reuters

Anastasia Panchenko, mantan anggota tim Navalny di kota Krasnodar, Rusia selatan, menyeka air matanya ketika dia berbicara tentang pria yang dia harapkan akan menjadi presidennya.
“Kami semua percaya dia kuat, bahwa dia pasti bisa mengatasi (penjara) ini, bahwa kita akan membangun masa depan Rusia yang indah, bahwa dia akan menjadi presiden, bahwa semuanya akan baik-baik saja,” katanya, dilansir Reuters.

4. Mendorong Perlunya Pemimpin Alternatif selain Putin


Meskipun tingkat dukungannya terhadap Putin jauh lebih rendah dibandingkan Putin, Navalny menawarkan alternatif bagi warga perkotaan dan terpelajar di Rusia selain pemimpin veteran negara itu.

Oposisi Rusia sedang kacau ketika Putin mempersiapkan pemilu pada bulan Maret yang oleh kelompok oposisi disebut sebagai "pengurapan" dan akan mempertahankan kekuasaannya setidaknya hingga tahun 2030.

Putin menghadapi tiga kandidat lain yang menurut aktivis oposisi, akan kalah. Pihak berwenang telah menindak sisa-sisa media independen Rusia.

5. Penentang Putin Akan Bersatu

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Foto/Reuters

Para pejabat Rusia menyebut Navalny sebagai penjahat dan ekstremis yang merupakan boneka CIA, yang menurut mereka ingin menabur kekacauan dalam upaya memecah-belah Rusia dan mencuri sumber dayanya yang sangat besar.

Penentang Putin tersebar di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Mereka yang masih berada di Rusia mungkin berada di penjara atau sangat ketakutan sehingga mereka kebanyakan diam saja.

“Sangat sulit untuk melihat siapa lagi yang akan mengisi peran Navalny, meskipun kontroversial,” kata Keir Giles, konsultan senior Program Rusia dan Eurasia di Chatham House di London, dilansir Reuters.

“Dia telah diperlakukan sebagai tokoh oposisi Rusia, dan tentu saja, Presiden Putin dan pemerintah pusat Rusia telah bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa tidak ada tokoh serupa yang muncul, baik dengan dukungan yang dia miliki di Rusia atau di dalam negeri. popularitas di luar negeri."
“Jadi, tidak, tidak ada kandidat yang jelas untuk menggantikan tokoh sentral tersebut sebagai wakil oposisi Rusia,” kata Giles.

6. Ancaman Penjara bagi Oposisi Makin Mencuat

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Foto/Reuters

Navalny mendapat kekaguman dari berbagai oposisi Rusia karena secara sukarela kembali ke Rusia pada tahun 2021 dari Jerman, tempat ia dirawat karena tes laboratorium Barat menunjukkan upaya untuk meracuninya dengan agen saraf.

Kremlin membantah mencoba membunuhnya dan mengatakan tidak ada bukti dia diracuni dengan agen saraf.
“Navalny muncul sebagai tokoh penting dan bersejarah, yang mewujudkan sikap politik anti-Putin yang pantang menyerah dan mewakili alternatif paling substansial terhadap rezim Putin sejak tahun 2000,” kata Tatiana Stanovaya, dari konsultan politik R.Politik.

Dia mengatakan Putin khawatir akan campur tangan Barat di Rusia dalam pemilu ini, dan hal ini akan membuatnya mengambil “pendekatan yang lebih agresif dan represif terhadap setiap manifestasi permusuhan.”

7. Kritikus Putin Lainnya Jadi Target Berikutnya

7 Dampak Kematian Alexei Navalny bagi Gerakan Oposisi terhadap Presiden Putin

Foto/Reuters

“Satu demi satu negara Rusia menyingkirkan orang-orang terbaiknya disingkirkan orang-orang yang bisa mengatakan kebenaran demi kekuasaan,” kata Nina Khrushcheva, profesor hubungan internasional di New School di New York.

Oposisi berkisar dari kaum liberal yang berorientasi Barat hingga komunis garis keras dan pendukung nasionalis radikal atau bahkan monarki dari kebangkitan kembali kekaisaran Rusia.

Beberapa aktivis oposisi khawatir terhadap dua tokoh penentang Putin, yakni Ilya Yashin, yang menjalani hukuman 8,5 tahun penjara karena mendiskreditkan angkatan bersenjata, dan Vladimir Kara-Murza, yang menjalani hukuman 25 tahun penjara atas tuduhan makar.

Mantan komandan milisi nasionalis Rusia Igor Girkin, yang menuduh Putin dan petinggi militer gagal dalam perang di Ukraina, bulan lalu divonis bersalah oleh pengadilan Moskow karena menghasut ekstremisme dan dipenjara selama empat tahun.

“Kita semua sudah memahami bahwa tempat penahanan bisa berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan,” kata istri Strelkov. “Khususnya bagi mereka yang tidak setuju dengan sistem.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)