5 Negara yang Menghentikan Ekspor Senjata ke Israel karena Genosida di Gaza

Jum'at, 16 Februari 2024 - 17:30 WIB
loading...
5 Negara yang Menghentikan Ekspor Senjata ke Israel karena Genosida di Gaza
Unit artileri Israel menyerang wilayah Gaza. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Beberapa negara telah menghentikan ekspor senjata mereka ke Israel menyusul peningkatan genosida oleh militer rezim kolonial Zionis di Gaza.

Keputusan ini diambil setelah Mahkamah Internasional (ICJ) memerintah Israel mengambil segala tindakan untuk mencegah terjadinya genosida di Gaza pada Januari lalu.

Berikut adalah lima negara yang telah menghentikan atau menunda ekspor senjata mereka ke Israel:

1. Italia


Italia, di bawah kepemimpinan Menteri Luar Negeri dan Wakil Perdana Menteri Antonio Tajani, telah menghentikan semua pengiriman senjata ke Israel sejak serangan di Gaza dimulai pada 7 Oktober12.

Keputusan ini merupakan respons terhadap tuntutan dari pemimpin oposisi Elly Schlein agar pemerintah Italia menghentikan ekspor senjata ke negara kolonial Zionis itu.

Tajani menuduh Schlein “kurang informasi” dan menyatakan sejak 7 Oktober, Italia telah memutuskan tidak mengirim lagi senjata ke Israel.

Selain itu, pekerja pelabuhan Italia juga menolak memuat pengiriman senjata yang ditujukan untuk Israel.

2. Belanda


Pengadilan di Belanda telah melarang negara tersebut mengekspor bagian pesawat tempur F-35 ke Israel karena kekhawatiran jet tempur itu digunakan untuk melanggar hukum internasional selama serangan Israel di Gaza.

Bagian pesawat tempur ini dimiliki oleh AS, tetapi disimpan di gudang di Belanda berdasarkan perjanjian bilateral.

Menurut NL Times, antara tahun 2004 dan 2020, pemerintah Belanda menolak mengeluarkan izin untuk ekspor peralatan militer ke Israel sebanyak 29 kali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)