Siapa Junta Myanmar? Ini Profil Min Aung Hlaing

Kamis, 15 Februari 2024 - 16:30 WIB
loading...
Siapa Junta Myanmar? Ini Profil Min Aung Hlaing
Pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing. Foto/REUTERS
A A A
NAYPYIDAW - Pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing adalah sosok jenderal militer yang telah memerintah Myanmar sebagai ketua Dewan Administrasi Negara sejak merebut kekuasaan dalam kudeta Februari 2021.

Tidak hanya menjabat sebagai Dewan Administrasi, Min Aung Hlaing juga mengukuhkan dirinya sebagai Perdana Menteri pada bulan Agustus 2021.

Sebelumnya, dia merupakan sosok yang menggaungkan kecurangan dalam pemilihan umum Myanmar pada November 2020.

Min Aung Hlaing juga yang berhasil melakukan kudeta di negara tersebut. Awalnya dia menjanjikan pemilihan ulang, namun sampai saat ini pemilu tersebut masih belum terealisasi dan justru membuat kondisi Myanmar semakin parah.

Bahkan saat ini junta Myanmar tersebut terancam akan dikudeta sebab enam jenderal menyerah setelah kalah dari pasukan pemberontak di negara bagian Shan.

Profil Junta Myanmar Min Aung Hlaing


Min Aung Hlaing lahir pada tanggal 3 Juli 1956 di Minbu, Wilayah Magway, Burma dari pasangan Khin Hlaing dan Hla Mu, sebagai anak keempat dari lima bersaudara.

Min Aung Hlaing kuliah dan belajar hukum di Universitas Seni dan Sains Rangoon dari tahun 1973 hingga 1974.

Dirinya juga tercatat diterima di Akademi Layanan Pertahanan pada tahun 1974 sebagai bagian dari Penerimaan ke-19, dan ia lulus pada tahun 1977.

Setelah lulus, Min Aung Hlaing memilih melanjutkan karirnya di militer. Hingga pada tahun 2002 silam dia dipromosikan menjadi komandan Komando Regional Segitiga di Negara Bagian Shan Timur dan merupakan tokoh sentral dalam negosiasi dengan dua kelompok pemberontak, Tentara Negara Bagian Wa Bersatu (UWSA) dan Tentara Aliansi Demokratik Nasional (NDAA).

Min Aung Hlaing menjadi terkenal pada tahun 2009 setelah memimpin serangan terhadap pemberontak Tentara Aliansi Demokratik Kebangsaan Myanmar di Kokang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)