Siapa Shehbaz Sharif? Calon PM Pakistan yang Memiliki 2 Istri

Kamis, 15 Februari 2024 - 14:14 WIB
loading...
Siapa Shehbaz Sharif? Calon PM Pakistan yang Memiliki 2 Istri
Shehbaz Sharif diprediksi akan memimpin pemerintahan baru Pakistan. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Setelah pemilu yang dikompromikan pekan lalu, mantan perdana menteri Pakistan Shehbaz Sharif kemungkinan akan melanjutkan jabatannya sebagai perdana menteri. Shehbaz Sharif akan memimpin koalisi partai-partai junior yang akan menjadi mayoritas di parlemen Pakistan.

Langkah untuk mengangkat kembali Shehbaz Sharif sebagai perdana menteri kemungkinan besar merupakan pukulan telak bagi jutaan warga Pakistan yang memberikan suaranya pada pemilu Kamis lalu untuk calon independen yang didukung oleh pemimpin paling populer di negara itu, Imran Khan. Partainya menuduh adanya penyimpangan yang meluas yang menghalangi mereka untuk meraih mayoritas di parlemen.
Partai Sharif, yang dikenal sebagai PLM-N, memperoleh jumlah suara terbanyak pada pemilu 8 Februari, dengan memperoleh 79 kursi dari 264 kursi yang diperebutkan.

Shehbaz pernah dihormati sebagai teknokrat tanpa drama yang menjabat sebagai menteri utama di provinsi terpadat di Pakistan, Punjab. Ia menjadi perdana menteri pada April 2022 setelah pendahulunya, Imran Khan, digulingkan dari jabatannya dalam mosi tidak percaya setelah ia berselisih dengan militer Pakistan yang kuat. Kini, dia diprediksi akan kembali menjadi PM Pakistan

Siapakah Shehbaz Sharif?

1. Politikus yang Ikut Menggulingkan Imran Khan

Siapa Shehbaz Sharif? Calon PM Pakistan yang Memiliki 2 Istri

Foto/Reuters

Melansir business-standard, Shehbaz Sharif adalah seorang politikus Pakistan, yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri sebelum pemilu digelar.

Shehbaz, mantan Pemimpin Oposisi di Majelis Nasional Pakistan, dilantik sebagai PM Pakistan pada 11 April 2022 setelah mantan Perdana Menteri Imran Khan digulingkan dalam mosi tidak percaya.


2. Memiliki Akar Keluarga Kashmir

Shehbaz Sharif lahir pada tanggal 23 September 1951 di keluarga Kashmir berbahasa Punjabi di Lahore. Dia adalah adik dari mantan perdana menteri tiga kali Nawaz Sharif. Ayah Shehbaz berasal dari Anantnag Kashmir (di India) sedangkan ibunya berasal dari Pulwama. Orang tuanya bermigrasi ke Pakistan setelah pemisahan tahun 1947.

3. Menikah 5 Kali, dan Kini Memiliki 2 Istri

Siapa Shehbaz Sharif? Calon PM Pakistan yang Memiliki 2 Istri

Foto/Reuters

Shehbaz menikah lima kali dan saat ini dia memiliki dua istri, Nusrat dan Tehmina. Ia menikah dengan sepupunya, Nusrat Shehbaz, pada tahun 1973 dan dikaruniai dua putra dan tiga putri. Dia memiliki satu anak perempuan dari mantan istrinya Alia.

Ia menikah dengan Tehmina Durrani, istri keduanya, pada tahun 2003. Shehbaz menyelesaikan gelar Bachelor of Arts dari Government College University di Lahore.

4. Memilih Karier Sebagai Politikus

Siapa Shehbaz Sharif? Calon PM Pakistan yang Memiliki 2 Istri

Foto/Reuters

Melansir business-standard, Shehbaz, setelah menyelesaikan kelulusannya, bergabung dengan Ittefaq Group milik keluarganya dan pada tahun 1985, terpilih sebagai presiden Kamar Dagang & Industri Lahore.

Dia memasuki dunia politik bersama kakak laki-lakinya Nawaz pada pertengahan 1980-an. Pada tahun 1988, ia terpilih sebagai anggota Majelis Punjab ketika Nawaz menjadi ketua menteri Punjab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)