alexametrics

Fatume Ahmed, Perempuan Muslim Pertama yang Jadi Jendral Kenya

loading...
Fatume Ahmed, Perempuan Muslim Pertama yang Jadi Jendral Kenya
Presiden Kenya Uhuru Kenyatta melantik Fatume Ahmed menjadi jenderal perempuan muslim pertama dalam militer negara itu. Foto/Istimewa
A+ A-
NAIROBI - Fatume Ahmed menjadi prajurit perempuan Kenya pertama yang akan dilantik sebagai mayor jenderal militer Kenya. Ia  dilantik pada Jumat waktu setempat.

Pada upacara pelantikan yang diadakan di Nairobi, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta memberi tahu Ahmed bahwa dia adalah teladan bagi banyak wanita di Kenya. Ahmed menjadi perempuan Muslim pertama yang memiliki pangkat yang begitu tinggi di Pasukan Pertahanan Kenya.

"Mayor Jenderal, mari saya mulai dengan mengatakan bahwa ini adalah kebanggaan dan kegembiraan saya hari ini untuk menyaksikan pelantikan perempuan Kenya pertama sebagai jenderal besar dalam sejarah negara kita," katanya.

"Saya memandang dan mengandalkan Anda untuk menjadi panutan positif bagi perempuan lain di Republik ini dan untuk menunjukkan dan membuktikan kepada mereka bahwa tidak ada batasan bagi perempuan Kenya dan bahwa semuanya mungkin," imbuhnya seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (14/7/2018).



Dalam kesemapatan itu, Kenyatta juga menjanjikan dukungan penuh militer dalam memerangi terorisme.

Menurut sebuah Departemen Pertahanan, yang dikutip dari media lokal Standard Media, Mayor Jenderal Fatume Ahmed terdaftar di Angkatan Pertahanan Kenya pada tahun 1983 dan berdinas di bawah Korps Militer Perempuan. Ia menerima kenaikan pangkat Letnan Dua pada tahun 1985 dan ditugaskan ke Angkatan Udara Kenya.

Perempuan yang sudah berdinas selama 32 tahun itu adalah lulusan dari National Defence College, salah satu Military Centers of Excellence, afiliasi dari Institut Diplomasi dan Studi Internasional Universitas Nairobi.

Dia juga merupakan alumni dari Sekolah Staf Pertahanan di mana dia lulus pada bulan Juli 2000, di samping itu ia juga memegang Diploma Manajemen dari Strathmore University College.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak