10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Rabu, 14 Februari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Setidaknya 8.000 tentara AS dikerahkan ke Pangkalan Udara Al Udeid di barat daya Doha, yang menjadi lokasi markas besar regional Komando Pusat AS.

Pangkalan udaranya adalah AS. instalasi militer terbesar di Timur Tengah, meskipun juga menampung angkatan udara Qatar dan angkatan udara dari negara lain, termasuk Inggris.

Sisi sebaliknya, Qatar juga mengizinkan kantor politik Hamas beroperasi di Doha selama lebih dari satu dekade. Gedung ini menampung beberapa pejabat tinggi Hamas, termasuk pemimpin tertinggi organisasi tersebut, Ismail Haniyeh.

Qatar telah banyak dikritik karena menjadi tuan rumah kantor tersebut, namun Qatar menyatakan bahwa hal tersebut memungkinkan Qatar untuk memediasi hubungan dengan Hamas dan negara-negara Barat dan dapat membantu mendorong perdamaian Israel-Palestina.

4. Yordania

AS memiliki kemitraan yang erat dengan Yordania, memberikan bantuan militer dan ekonomi, dan bekerja sama dalam masalah keamanan regional.

Meskipun kehadiran militer AS merupakan isu domestik yang sensitif dalam politik Yordania, terdapat sekitar 2.900 personel di sana pada Juni 2023 atas permintaan pemerintah Yordania.

Mereka dikerahkan di sana untuk mendukung operasi Yordania melawan ISIS, untuk meningkatkan keamanannya dan untuk meningkatkan stabilitas regional. Pangkalan udara Yordania, khususnya, penting bagi misi intelijen AS di Suriah dan Irak.

5. Kuwait

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Melansir Axios, ribuan pasukan AS telah ditempatkan di Kuwait sejak tahun 1991 ketika koalisi multinasional yang dipimpin oleh AS mengusir pasukan Irak dari negara tersebut sebagai bagian dari Perang Teluk pertama.

Negara ini juga menjadi basis logistik utama bagi pasukan AS dan koalisi selama Perang Irak. Pada tahun 2021, terdapat 13.500 personel AS dan ribuan peralatan di Kuwait, terutama di Kamp Arifjan dan Pangkalan Udara Ali al-Salem.

Negara ini, yang merupakan sekutu utama non-NATO, juga menampung ribuan tentara Jerman, Jepang, dan Korea Selatan.

6. Bahrain

AS memiliki pangkalan angkatan laut di Bahrain dan memelihara hubungan keamanan yang erat dengan negara tersebut.

Pada tahun 2022, terdapat lebih dari 9.000 personel militer AS yang ditugaskan di NSA Bahrain, pangkalan angkatan laut AS yang merupakan markas Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)