10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Rabu, 14 Februari 2024 - 23:23 WIB
loading...
10 Negara Timur Tengah Sekutu AS
AS memiliki 10 sekutu di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) masih mendominasi geopolitik di Timur Tengah. Setidaknya, 10 negara merupakan sekutu utama AS di kawasan tersebut. Itu menjadikan AS selalu ikut campur ketika terjadi pergolakan atau pun perang.

Aliansi AS dengan negara-negara Arab itu ditanda dengan bantuan militer kepada negara tersebut. Selain itu, Washington juga mendirikan pangkalan militer di negara tersebut, bahkan membangun pangkalan militer untuk operasional perang AS di kawasan tersebut.

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

1. Arab Saudi

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Pada bulan Desember 2022, terdapat lebih dari 2.700 tentara AS yang ditempatkan di Arab Saudi untuk melatih, memberi nasihat, dan membantu angkatan bersenjatanya serta untuk melindungi kepentingan AS di kawasan tersebut dari Iran dan proksinya.

Para prajurit di sana memelihara sistem pertahanan udara dan rudal serta mendukung pengoperasian pesawat militer.

Pemerintahan Biden pada tahun 2021 mengakhiri dukungan AS terhadap operasi ofensif Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman dan didukung Iran, meskipun AS masih memberikan dukungan defensif.


2. Uni Emirat Arab (UEA)

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

UEA telah menjadi sekutu utama AS di Timur Tengah selama bertahun-tahun, menampung hingga 3.500 personel AS.

Mereka terutama bermarkas di Pangkalan Udara Al Dhafra, yang merupakan lokasi Gulf Air Warfare Center – pusat pelatihan pertahanan udara dan rudal regional yang dioperasikan bersama oleh UEA dan AS.

Pelabuhan-pelabuhan di negara ini juga penting bagi Angkatan Laut AS, karena pelabuhan-pelabuhan tersebut secara kolektif menampung lebih banyak kapal dibandingkan pelabuhan lain di luar AS.

3. Qatar

10 Negara Timur Tengah Sekutu AS

Foto/Reuters

Melansir Axios, sebagai sekutu utama non-NATO lainnya, Qatar sangat penting bagi AS. strategi militer di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)