'Serangan Orang Dalam,' Seorang Tentara AS Tewas di Afghanistan

Minggu, 08 Juli 2018 - 02:11 WIB
Serangan Orang Dalam, Seorang Tentara AS Tewas di Afghanistan
'Serangan Orang Dalam,' Seorang Tentara AS Tewas di Afghanistan
A A A
KABUL - Seorang tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan dua lainnya terluka dalam serangan yang dilakukan oleh orang dalam di Afghanistan selatan. Ini adalah tentara AS ketiga yang tewas di Afghanistan selama tahun ini.

"Satu tentara AS tewas dan dua tentara AS lainnya terluka selama serangan orang dalam di Afghanistan selatan, 7 Juli," bunyi pernyataan dari misi pelatihan militer yang dipimpin NATO di Afghanistan.

"Tentara yang terluka, dalam kondisi stabil, saat ini sedang dirawat. Insiden ini sedang diselidiki," kata pernyataan itu lagi seperti dikutip dari ABC News, Minggu (8/7/2018).

Istilah "serangan orang dalam" mengacu pada serangan yang dilakukan terhadap personil militer AS oleh pasukan Afghanistan yang mereka latih atau beri saran.

Jumlah serangan orang dalam mencapai 61 pada tahun 2012, tetapi serangan itu menjadi langka setelah militer AS melembagakan perlindungan keamanan untuk melindungi pasukan Amerika.

Serangan orang dalam terakhir terjadi pada bulan Agustus 2017. Dalam insiden itu, seorang tentara Rumania terluka.

Ada sekitar 14.000 personel militer AS di Afghanistan, sebagian besar dari mereka bertugas sebagai pelatih dan penasihat militer Afghanistan dalam perjuangan mereka melawan Taliban dan ISIS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3363 seconds (0.1#10.140)