Dewan HAM PBB: Tentara UEA Siksa dan Lecehkan Tahanan di Yaman

Kamis, 05 Juli 2018 - 21:08 WIB
Dewan HAM PBB: Tentara UEA Siksa dan Lecehkan Tahanan di Yaman
Dewan HAM PBB: Tentara UEA Siksa dan Lecehkan Tahanan di Yaman
A A A
JENEWA - Dewan HAM PBB mengaku mendapati informasi bahwa sejumlah tahanan di penjara-penajara yang dikontrol Uni Emirat Arab (UEA) di Yaman telah menjadi sasaran penganiayaan, penyiksaan dan pelecehan seksual oleh tentara UEA.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Dewan HAM PBB, Liz Throssell, menyatakan pihaknya yang bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS), telah meminta akses untuk memasuki penjara yang dikelola UEA di Yaman untuk memverifikasi kabar ini. Namun, sejauh ini UEA belum memberikan akses itu.

"Kami telah bekerjasama dengan pemerintah AS pada masalah ini dan meminta akses ke penjara yang dikelola oleh UEA di negara itu, tetapi hingga saat ini kami belum diberikan akses," kata ucap Throssell, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (4/7).

"Dari informasi awal yang didapat kantor kami di Yaman, kami memiliki alasan untuk percaya bahwa sejumlah tahanan Yaman telah menjadi sasaran penganiayaan, penyiksaan dan pelecehan seksual oleh tentara UEA," sambungnya.

Dia menambahkan bahwa Dewan HAM PBB akan terus memantau situasi dengan tujuan untuk memutuskan langkah lebih lanjut apa yang diperlukan dalam masalah ini.

Selain mengontrol sejumlah penjara di Yaman, UEA bersama dengan Arab Saudi adalah "otak" dari operasi militer yang dilakukan koalisi Arab di negara tersebut. UEA dan Saudi mendukung pasukan pemerintah Yaman untuk mendepak pemberontak Houthi dan sejumlah milisi yang beroperasi di Yaman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4738 seconds (0.1#10.140)