Konstruksi Lapangan Udara Misterius Muncul di Pulau Yaman

Kamis, 11 Maret 2021 - 14:42 WIB
loading...
Konstruksi Lapangan Udara Misterius Muncul di Pulau Yaman
Foto satelit Pulau Perim Yaman pada 9 Maret 2021, menunjukkan konstruksi baru di landasan yang lebih kecil di barat laut proyek lama. Foto/Sputnik
A A A
SANAA - Foto-foto satelit memperlihatkan pembangunan lapangan terbang di sebuah pulau di mulut Laut Merah. Sementara tidak diketahui siapa yang memilikinya, pulau itu diketahui pernah berada di bawah kendali Uni Emirat Arab (UEA). Negara Teluk itu baru-baru ini menutup pangkalannya di seberang jalur air.

Mengutip foto yang diambil oleh satelit pencitraan Bumi Planet Labs, Drive's the War Zone melaporkan pada hari Selasa lalu bahwa landasan pacu sepanjang sekitar 6.150 kaki sedang dibangun di Perim, juga dikenal sebagai Mayyun, sebuah pulau yang melintasi Bab al-Mandab, selat sempit yang menghubungkan Laut Merah ke Teluk Aden dan Samudra Hindia di sekitarnya.



Menurut analisis outlet tersebut, konstruksi dimulai di landasan udara sekitar bulan lalu. Landasan udara yang akan segera dibangun ini memiliki lebar sekitar 165 kaki dan panjang 6.150 kaki, cukup besar untuk menampung pesawat angkut kargo berat yang akan digunakan untuk mengangkut peralatan perang seperti kendaraan lapis baja, truk, dan amunisi.

Meski begitu, mereka mencatat bahwa di masa lalu UEA memiliki proyek membangun landasan pacu 10.000 kaki yang lebih panjang pada tahun 2016, yang sisa-sisanya masih dapat dilihat di foto satelit tersebut. Tidak jelas mengapa pembangunan terbaru itu tidak mengikuti jalur yang sama.

Menurut blog Intel Lab, fasilitas baru tersebut juga berasal dari UEA, meskipun tidak jelas mengapa mereka berpikir demikian seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (11/3/2021).



Pada awal Perang Yaman pada 2015, pulau itu dikendalikan oleh pemberontak Houthi, yang dengan cepat digusur oleh pasukan Teluk Arab yang bersekutu dengan Arab Saudi dan pemerintah Presiden Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi, yang dipaksa turun dari kekuasaan oleh Houthi pada awal 2015.

UEA juga mendirikan pangkalan di seberang Laut Merah di Assab, Eritrea, pada akhir 2015 untuk mengangkut persenjataan berat ke Yaman serta pasukan sekutu dari Sudan, dan mereka juga untuk sementara menduduki Socotra Yaman, sebuah pulau indah di ujung paling timur Afrika yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selama pendudukannya, menurut Al Jazeera yang berbasis di Qatar, UEA mendirikan fasilitas penahanan di Perim. Kemudian dalam perang, setelah Abu Dhabi memulai persiapan penarikan pada 2019, pasukan Arab Saudi pindah ke garnisun Pulau Perim, bersama dengan pasukan keamanan Yaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)