Kampanye Bersama, Joe Biden dan Kamala Harris Bersumpah Kalahkan Trump

Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:08 WIB
loading...
Kampanye Bersama, Joe Biden dan Kamala Harris Bersumpah Kalahkan Trump
Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dan calon wakil presiden Kamala Harris kampanye bersama untuk pertama kalinya di Delaware. Foto/Newscolony
A A A
WASHINGTON - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden untuk pertama kalinya melakukan kampanye bersama dengan calon wakil presidennya Kamala Harris . Keduanya muncul bersama di sebuah acara di sebuah sekolah menengah di Wilmington, Delaware, satu hari setelah Biden mengumumkan memilih Harris sebagai pasangannya.

Memperkenalkan Harris sebagai pasangannya untuk pertama kalinya, Biden mengatakan bahwa dia telah memilih orang yang tepat untuk menjadi wakil presiden, menandai sifat bersejarah pencalonannya sambil menawarkan pratinjau argumen mereka terhadap Presiden Trump sebelum bagian akhir kampanye.

"Saya yakin memilih orang yang tepat untuk bergabung dengan saya sebagai wakil presiden Amerika Serikat, dan itu adalah Senator Kamala Harris," kata Biden, memuji Harris sebagai sosok yang tangguh dan pejuang yang terbukti. Dia juga memuji pengalaman Harris sebagai Jaksa Agung California dan sebagai senator.

"Kamala tahu bagaimana memerintah. Dia tahu bagaimana membuat keputusan sulit. Dia siap melakukan pekerjaan ini pada hari pertama," lanjut Biden seperti dikutip dari CBS News, Kamis (13/8/2020).(Baca: Joe Biden Tunjuk Kamala Harris Jadi Cawapres )

Dalam sambutannya, Harris menyatakan siap untuk mulai berkampanye dengan sungguh-sungguh.

"Saya sangat tersanjung dengan tanggung jawab ini dan saya siap untuk mulai bekerja," kata Harris. "Amerika menyerukan kepemimpinan," sambungnya.

Harris (55) adalah calon wakil presiden kulit hitam pertama, dan wanita ketiga yang menjadi calon wakil presiden. Dia juga calon wakil presiden Amerika Asia Selatan pertama. (Baca: Warga India Bangga Biden Pilih Kamala Harris Jadi Cawapres )

"Pagi ini, di seluruh negeri, gadis-gadis kecil terbangun, terutama gadis-gadis kecil Hitam dan Coklat, yang begitu sering merasa diabaikan dan diremehkan di komunitas mereka. Tapi hari ini, mungkin saja, mereka melihat diri mereka sendiri untuk pertama kalinya dengan cara yang baru. - sebagai urusan presiden dan wakil presiden," kata Biden tentang Harris.

Dia juga menghujat Trump, yang menyebut Harris "Phony Kamala", dengan mengatakan bahwa presiden dibuat tidak nyaman oleh wanita yang kuat.

"Adakah kejutan bahwa Donald Trump memiliki masalah dengan wanita yang kuat? Atau wanita yang kuat secara keseluruhan?" kata Biden.(Baca: Trump Mengaku Sedikit Terkejut Biden Pilih Kamala Harris Jadi Cawapres )

Biden dan Harris sama-sama mengkritik respon pemerintahan Trump terhadap pandemi virus Corona.

"Kasus terhadap Donald Trump dan Mike Pence terbuka dan tertutup," kata Harris.

"Virus ini telah mempengaruhi hampir setiap negara. Tapi ada alasan mengapa virus itu menghantam Amerika lebih buruk daripada negara maju lainnya. Itu karena kegagalan Trump untuk menanggapinya dengan serius sejak awal," ujar Harris.

Harris juga memuji Biden karena bertugas sebagai wakil presiden untuk presiden kulit hitam, dan memilih wanita kulit hitam sebagai pasangannya.

Biden menyebut Harris sebagai "Biden kehormatan," dan mengatakan bahwa keputusannya untuk memilihnya sebagai pasangannya dipengaruhi oleh hubungannya dengan mendiang putranya, Beau. Harris juga berbicara tentang persahabatannya dengan Beau Biden, yang merupakan Jaksa Agung Delaware pada saat yang sama dengan Harris menjadi Jaksa Agung California.

"Joe dan aku, kami dipotong dari kain yang sama. Keluarga adalah segalanya bagiku juga," kata Harris.

"Wakil presiden akan hebat. Tapi 'Mom-ala' akan selalu berarti," lanjutnya, mengacu pada nama panggilan yang digunakan anak tirinya.

Harris mendukung Biden pada bulan Maret, setelah mengakhiri pencalonannya sebagai presiden pada bulan Desember. Dia telah menjadi penggalang dana luar biasa untuk Biden, mengadakan beberapa acara virtual dan penggalangan dana yang masing-masing menghasilkan setidaknya USD1 juta untuk kampanye tersebut.

Pilihan Biden atas Harris sebagai cawapres telah dipuji secara luas oleh Demokrat, termasuk mantan Presiden Barack Obama, yang mengatakan mantan wakil presidennya "memaku keputusan ini". Anggota Kongres Jim Clyburn dari Carolina Selatan, yang dukungannya terhadap Biden sebelum pemilihan pendahuluan di Carolina Selatan sangat penting untuk kemenangannya, juga mengatakan dia "sangat senang" bahwa Harris yang terpilih.

Harris, mantan jaksa penuntut, telah menetapkan catatan pemungutan suara sebagai salah satu anggota Senat AS yang paling liberal, menurut GovTrack, situs web non-partisan independen yang melacak catatan legislatif. Dia saat ini satu-satunya wanita kulit hitam yang bertugas di Senat.

Biden dan Harris juga akan menghadiri penggalangan dana virtual bersama pada Rabu malam.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)