Irak Bisa Terjerumus ke Dalam Konflik Jangka Panjang, Mengapa?

Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:34 WIB
loading...
A A A
Menteri mengatakan milisi kini mendapat tantangan, sebuah perubahan dari masa lalu ketika berbicara berarti ancaman. Ini adalah momen baru di Irak.

“Jika sekarang Anda berbicara dengan banyak pemimpin politik, mereka mulai membicarakan hal ini,” katanya. "Banyak orang, mereka tidak berani membicarakannya. Ini juga bagian dari realitas negara ini. Tapi sekarang kita membicarakannya. Orang-orang berani mengatakan kepada mereka, 'sudah cukup'."

Dan dia mengatakan milisi mendapat pesan bahwa “jika mereka terus melanjutkan, mereka akan mendorong negara ini ke dalam perang padahal ini bukan perang kita”. Pesan tersebut juga telah diterima di Teheran, katanya.

Menteri luar negeri mengakui bahwa Iran memiliki "pengaruh" di sini, namun menyangkal bahwa mereka mendikte kebijakan di Bagdad. Ini lebih merupakan “negosiasi terus-menerus”, menurut Dr Renad Mansour, peneliti senior di Chatham House, sebuah wadah pemikir urusan internasional di London.

“Apakah mereka harus mendengarkan Teheran? Terkadang ya, terkadang tidak,” katanya. "Tergantung. Iran datang dan mengatakan 'ini adalah garis bawah kami, ini adalah garis merah kami'. Seringkali, mereka bertemu, tapi kadang-kadang mereka menyimpang. Ini tidak hitam dan putih."



Pengaruh Iran tampak besar di sini: dalam politik, dalam milisi, dan di jalanan. Di antara dinding ledakan dan pohon palem, Anda menemukan poster Qasem Soleimani, jenderal penting Iran yang terbunuh di bandara Baghdad pada Januari 2020 akibat serangan udara AS. Di sana-sini wajah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menatap ke bawah pada kemacetan lalu lintas.

Beberapa taksi tuk-tuk yang melaju di sekitar Lapangan Tahrir di bawah sinar matahari sore mempunyai foto Syekh Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah yang didukung Iran, angkatan bersenjata paling kuat di Lebanon.

Saya bertanya kepada menteri luar negeri apakah dia khawatir dengan tingkat pengaruh Iran di sini. “Saya khawatir dengan tingkat pengaruh yang ada di sekitar kami, tidak hanya pengaruh Iran. Kami berusaha menyingkirkan semua pengaruh ini. Keputusan mengenai Irak harus diambil di Bagdad, dan harus diambil oleh rakyat Irak di Bagdad. ," dia berkata.

Untuk saat ini, negara ini terjerat oleh dua sekutu yang bertikai: Iran dan Amerika Serikat. Mungkin tidak ada pihak yang menginginkan konflik mereka meningkat secara besar-besaran - dan nampaknya mereka tidak menginginkan hal tersebut - namun hal ini tidak dapat dikesampingkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)