Terungkap, Jenderal AS Jadi Konsultan Rahasia Uni Emirat Arab dalam Perang Yaman

Kamis, 08 Februari 2024 - 15:19 WIB
loading...
Terungkap, Jenderal AS Jadi Konsultan Rahasia Uni Emirat Arab dalam Perang Yaman
James Mattis diam-diam menjadi konsultan Uni Emirat Arab dalam perang di Yaman tahun 2015. Saat itu, dia berpangkat jenderal dan belum menjadi menteri pertahanan AS. Foto/REUTERS
A A A
ABU DHABI - Jenderal James Mattis diam-diam menjadi konsultan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed mengenai perang di Yaman pada 2015.

Pekerjaan rahasia itu dijalani Mattis sebelum dia menjadi Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS). Pekerjaan itu bahkan tidak diketahui banyak anggota Parlemen, diplomat senior, dan masyarakat Amerika.

Mattis, yang sekarang sudah pensiuan, sebelumnya adalah jenderal bintang empat Korps Marinir dan komandan Komando Pusat (CENTCOM) yang dikenal karena sikapnya yang keras kepala.

Pada 2015, dia memberi nasihat kepada Mohammed bin Zayed mengenai perang di Yaman melawan kelompok Houthi. Saat itu, UEA menjadi anggota Koalisi Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi dalam perang tersebut.



“Tugas saya mencakup meninjau situasi militer UEA, yang awalnya berfokus pada kampanye di Yaman, dengan tujuan memberikan nasihat militer,” tulis Mattis dalam formulir pengungkapan federal pada bulan Juni 2015, yang diungkapkan oleh The Washington Post sebagai bagian dari investigasi tiga tahun atas konsultasi Mattis.

“Tujuan dari posisi ini adalah untuk memanfaatkan pengalaman militer Amerika dalam perang dan kampanye guna memperkuat upaya UEA,” tulis Mattis.

Menurut The Washington Post, meskipun Mattis memberi tahu Korps Marinir dan Departemen Luar Negeri AS pada saat itu, pekerjaannya untuk UEA dirahasiakan oleh para pejabat AS.

Beberapa senator AS di Komite Angkatan Bersenjata yang meninjau pencalonannya untuk menjadi menteri pertahanan dua tahun kemudian tidak diberi informasi secara langsung—komite tersebut diberitahu secara rahasia, yang berarti para senator harus mencari sendiri informasi tersebut.

Dokumen-dokumen tersebut—yang menurut The Washington Post para pejabat federal melindungi dari wartawan selama bertahun-tahun, merilis hanya sebagian informasi dan menyunting catatan mengenai kompensasi Mattis—dirilis pada musim gugur lalu setelah diperintahkan oleh hakim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)