Negara-negara Arab yang Tidak Mendukung Houthi Yaman

Senin, 29 Januari 2024 - 12:44 WIB
loading...
Negara-negara Arab yang Tidak Mendukung Houthi Yaman
Ada enam negara Arab yang tidak mendukung kelompok Houthi Yaman dalam aksinya menyerang kapal-kapal dagang di Laut Merah. Aksi Houthi sebagai pembalaan terhadap rakyat Palestina yang dibombardir Israel di Gaza. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kelompok Houthi di Yaman sedang gencar menyerang kapal-kapal dagang terkait Israel yang melintasi Laut Merah. Aksi kelompok itu sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina yang dibombardir militer Zionis di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Amerika Serikat, sebagai sekutu utama Israel, melawan serangan rudal dan drone Houthi dengan membentuk koalisi internasional dengan nama sandi operasinya "Operasi Penjaga Kemakmuran". Koalisi ini terdari AS, Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.

Bahrain menjadi satu-satunya negara Arab yang ikut ambil bagian dalam koalisi pimpinan AS.

Meski hanya Bahrain yang terang-terangan menentang Houthi, banyak negara Arab juga tidak mendukung kelompok pemberontak Yaman tersebut.



Negara-negara Arab yang Tidak Mendukung Houthi Yaman

1. Arab Saudi


Arab Saudi, pernah memimpin Koalisi Arab yang berperang membela pemerintah Yaman yang ingin digulingkan Houthi.

Perang Koalisi Arab melawan Houthi saat ini telah mereda, namun Arab Saudi juga tidak serta merta mendukung kelompok tersebut menyerang kapal-kapal dagang di Laut Merah.

2. Uni Emirat Arab


Uni Emirat Arab (UEA) juga pernah berperang melawan Houthi ketika negara itu menjadi bagian dari Koalisi Arab pimpinan Saudi.

Ketika konflik mereda, UEA juga tidak serta merta mendukung Houthi menyerang kapal-kapal dagang di Laut Merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)