5 Alasan Kota Avdiivka di Ukraina Akan Bernasib Sama Seperti Bakhmut

Rabu, 07 Februari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
"Tetapi apa pun yang terjadi, mereka tetap merangkak - secara harfiah di atas tubuh mereka sendiri."

Para blogger perang Rusia, yang dikontrol ketat oleh Kremlin, mengakui kerugian besar yang dialami Rusia, namun juga menuduh Ukraina menderita kerugian besar.

Mereka mengatakan pasukan Kyiv dapat dikepung jika pasukan Rusia dapat memutus jalur pasokan utama terakhir mereka ke barat.

Presiden Vladimir Putin pada 31 Januari menekankan pentingnya Avdiivka dan mengatakan sekelompok veteran militer baru-baru ini maju mendahului tentara untuk merebut 19 bangunan – sebuah klaim yang, seperti laporan medan perang lainnya, tidak dapat diverifikasi oleh Reuters.

Menurut informasi terkini dari kementerian pertahanan Rusia, Moskow telah melakukan serangan udara dengan menargetkan bantuan dari pasukan khusus, dan menggunakan artileri, drone, helikopter dan tank serta infanteri, .

4. Memperebutkan Pintu Gerbang Donetsk dan Luhansk

5 Alasan Kota Avdiivka di Ukraina Akan Bernasib Sama Seperti Bakhmut

Foto/Reuters

Kedua belah pihak memandang kota itu sebagai kunci tujuan Rusia untuk mengamankan kendali penuh atas dua provinsi “Donbas” di timur – Donetsk dan Luhansk. Ini adalah salah satu dari empat wilayah Ukraina yang menurut Rusia telah dianeksasi tetapi tidak memiliki kendali penuh atas wilayah tersebut.

Melansir Reuters, Avdiivka dipandang sebagai pintu gerbang ke kota Donetsk, yang menurut para pejabat Rusia merupakan daerah pemukiman yang telah ditembaki oleh pasukan Ukraina, terkadang dari Avdiivka.

Merebut wilayah tersebut dapat meningkatkan moral Rusia dan mendemoralisasi pasukan Ukraina, yang hanya memperoleh sedikit keuntungan dalam serangan balasan sejak bulan Juni. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sendiri berkunjung pada bulan Desember.

“Jika tentara Rusia menguasai jalur (pasokan), angkatan bersenjata Ukraina jelas akan terpaksa mundur dari Avdeyevka. Itu akan menjadi kemenangan besar bagi tentara Rusia,” kata Sergei Markov, mantan penasihat Kremlin.

5. Memperkuat Logistik

5 Alasan Kota Avdiivka di Ukraina Akan Bernasib Sama Seperti Bakhmut

Foto/Reuters

Mykola Bielieskov dari Institut Nasional untuk Studi Strategis, sebuah lembaga riset resmi di Kyiv, mengatakan bahwa pengambilan alih Avdiivka tidak akan menguntungkan Moskow, namun "akan membuat situasi lebih dapat dipertahankan bagi Donetsk yang diduduki sebagai pusat logistik utama Rusia".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)