Apa Yang Terjadi jika Joe Biden Mencoba Mengambil Alih Garda Nasional Texas?

Rabu, 07 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Namun, ada pertanyaan yang muncul mengenai apakah Biden dapat melakukan federalisasi Garda Nasional Texas dalam situasi saat ini, dengan beberapa pihak berpendapat bahwa presiden tidak memiliki alasan hukum untuk melakukan hal tersebut.

"Pasal 10 hanya dapat menggantikan Pasal 32 dalam keadaan darurat nasional. Dalam hal ini, Biden harus mengaktifkan Garda Nasional Texas untuk menjaga perbatasan. Jika tidak, maka itu adalah perintah yang melanggar hukum," pensiunan Jenderal Angkatan Udara Robert Spalding memposting di X.


2. Biden Bisa Mengendalikan Perbatasan

Apa Yang Terjadi jika Joe Biden Mencoba Mengambil Alih Garda Nasional Texas?

Foto/Reuters

Agaknya, langkah untuk melakukan federalisasi Garda Nasional Texas berarti Patroli Perbatasan akan segera mengambil tindakan dan mencabut kawat berduri, yang telah menjadi fokus perdebatan di negara bagian Lone Star.

Ada pula yang berpendapat bahwa langkah seperti itu bisa berdampak lebih luas bagi Biden, serta berpotensi menimbulkan tantangan dan permasalahan hukum lebih lanjut.

"Jika Garda Nasional Texas difederalisasikan berdasarkan Pasal 10 untuk tujuan menarik mereka keluar dari perbatasan Texas dan keluar dari rantai komando Panglima Militer Texas setelah Gubernur Abbott menggunakan otoritas konstitusionalnya untuk mempertahankan perbatasan Texas, para pendirinya akan menganggap hal ini sebagai kejahatan dan pelanggaran ringan. dan pelanggaran yang bisa dimakzulkan,” kata Jonathan Hullihan, pakar hukum konstitusi dan hukum keamanan nasional, kepada The Center Square.

Jaksa Agung Texas Ken Paxton juga menyatakan bahwa Partai Demokrat yang menyerukan Biden untuk melakukan federalisasi Garda Nasional "tidak memahami hukum" dan presiden harus terlebih dahulu mengumumkan keadaan darurat nasional.

"Itulah yang menjadi pertanyaan, mengapa dia mengumumkan keadaan darurat? Tentu saja, kita punya keadaan darurat, kan? Dan sekarang dia mengakuinya," kata Paxton kepada Newsmax. "Saya pikir itu menjadi isu politik baginya, dan menjadi masalah nyata baginya secara politik."

3. Gubernur Tidak Bisa Melawan Pemerintah Federal

Apa Yang Terjadi jika Joe Biden Mencoba Mengambil Alih Garda Nasional Texas?

Foto/Reuters

Selain terus menentang Pemerintahan Biden dan memerintahkan penegak hukum untuk tetap memasang kawat berduri, Abbott juga mengindikasikan bahwa dia bersedia mengajukan banding atas keputusan apa pun dari presiden ke Mahkamah Agung.

Profesor Peter Shane, dosen hukum di Universitas New York dan pakar hukum tata negara, menolak anggapan Abbott bahwa ia dapat memiliki kekuasaan tertinggi di Texas setelah menyatakan bahwa negara bagian tersebut sedang "invasi" dari orang-orang yang melintasi perbatasan secara ilegal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)