Horornya Kebakaran Hutan Chile Tewaskan 99 Orang: 'Ini Neraka, Sekarang Hujan Abu'

Senin, 05 Februari 2024 - 09:17 WIB
loading...
A A A
“Kami tahu jumlah korban jiwa akan meningkat secara signifikan,” tambahnya, sambil mengatakan bahwa ini adalah bencana paling mematikan di Chile sejak gempa bumi dan tsunami tahun 2010 yang menewaskan 500 orang.

Korban Tewas di Jalanan


Boric telah mengumumkan keadaan darurat dan menjanjikan dukungan pemerintah untuk membantu masyarakat bangkit kembali setelah dia terbang di atas daerah yang terkena dampak dengan helikopter pada Sabtu sore.

Menurut layanan bencana nasional, SENAPRED, hampir 26.000 hektare telah terbakar di wilayah tengah dan selatan pada hari Minggu.

Didukung oleh 31 helikopter pemadam kebakaran dan pesawat terbang, sekitar 1.400 petugas pemadam kebakaran, 1.300 personel militer dan sukarelawan berupaya memadamkan kobaran api.

Ketua SENAPRED Alvaro Hormazabal mengatakan petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan 34 kobaran api hingga Minggu pagi, dan 43 kobaran api lainnya berhasil dikendalikan.

“Kondisi cuaca akan terus menjadi rumit,” kata Hormazabal.

Pihak berwenang memberlakukan jam malam mulai pukul 21.00 hari Sabtu, sementara ribuan orang di daerah yang terkena dampak diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka.

Di lereng bukit sekitar Vina del Mar, jurnalis AFP melihat seluruh blok rumah terbakar pada Jumat malam hingga Sabtu.

Beberapa korban tewas terlihat tergeletak di jalan, ditutupi selimut.

Digambarkan sebagai Neraka


Kebakaran yang terjadi selama berhari-hari, memaksa pihak berwenang pada hari Jumat untuk menutup jalan yang menghubungkan wilayah Valparaiso dengan ibu kota Santiago, sekitar 1,5 jam perjalanan, karena awan asap yang sangat besar mengganggu jarak pandang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)