Bagaimana Mantan PM Pakistan Imran Khan Berencana Memenangkan Pemilu dari Jeruji Penjara?

Minggu, 04 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
Bagaimana Mantan PM Pakistan Imran Khan Berencana Memenangkan Pemilu dari Jeruji Penjara?
Imran Khan terus memainkan posisinya sebagai politikus yang berambisi memenangkan pemilu. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Dari perdana menteri hingga menjadi narapidana dipenjara dalam waktu kurang dari dua tahun, Imran Khan dan partainya telah kehilangan popularitas politiknya secara drastis.

Namun Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) mengatakan mereka belum melepaskan keyakinannya bahwa mereka dapat memenangkan pemilihan umum minggu ini di Pakistan, meskipun pendirinya dipenjara dalam kasus-kasus yang menurutnya bermotif politik, dan dilarang mencalonkan diri.

Partai ini bertujuan untuk mengatasi tindakan keras pihak berwenang dengan bantuan media sosial – dan kandidat-kandidat baru, banyak di antaranya belum teruji.

Bagaimana Mantan PM Pakistan Imran Khan Berencana Memenangkan Pemilu dari Jeruji Penjara?

1. Menjadi Politikus Independen

Bagaimana Mantan PM Pakistan Imran Khan Berencana Memenangkan Pemilu dari Jeruji Penjara?

Foto/Reuters

Rehena Dar menjadi politisi yang tiba-tiba di usia 70-an mengejutkannya, dia tidak menunjukkannya sedetik pun. Ketakutan yang mendorong banyak rekan kandidatnya untuk bersembunyi atau keluar dari politik tampaknya telah diabaikan.

“Sangat baik bahwa putra-putri yang bangga, saudara-saudara dan ibu-ibu di kota saya Sialkot berdiri bersama saya,” teriaknya dengan keyakinan seperti seseorang yang telah bekerja di daerah pemilihan selama bertahun-tahun.

"Saya bersama Imran Khan dan saya akan tetap bersama Imran Khan. Jika saya dibiarkan sendirian di depan umum, saya akan tetap membawa bendera Imran Khan dan turun ke jalan."

Pandangan sekilas ke sekeliling tentu menunjukkan bahwa hal itu benar. Kerumunan kecil yang berkumpul di sekitar Istri Dar mengangkat gambar Imran Khan tinggi-tinggi, sementara bendera PTI-nya berkibar di atasnya.

Padahal Dar bukan calon PTI. Sebaliknya, dia – seperti semua kandidat mereka – secara teknis adalah seorang independen, menyusul keputusan komisi pemilihan untuk menghapus simbol tongkat kriket dari PTI.

Ini mungkin tampak seperti keputusan kecil, namun di negara dengan tingkat buta huruf sebesar 58%, memiliki simbol yang mudah dikenali yang digunakan para kandidat di kertas suara sangatlah penting. Kini setiap kandidat memiliki simbol alternatifnya masing-masing; Dar adalah tempat tidur bayi, yang lain memiliki barang mulai dari ketel hingga saksofon.

Keputusan tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyak hambatan yang menurut PTI telah menghalangi mereka menjelang pemilu pada tanggal 8 Februari.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)