Mengapa Israel Ingin Melemahkan UNRWA?

Sabtu, 03 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Mengapa Israel Ingin Melemahkan UNRWA?
Israel ingin melemahkan UNRWA. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel telah lama menganjurkan pembubaran UNRWA (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East), dengan alasan bahwa misinya sudah usang. Bahkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim bahwa UNRWA “dirusak oleh Hamas”.

Tuduhan Netanyahu terhadap UNRWA tidak didukung oleh fakta. Pernyataannya bahwa UNRWA telah disusupi oleh Hamas dipertanyakan karena badan PBB tersebut membagikan daftar stafnya dengan Israel.

“Setiap tahun, UNRWA membagikan daftar stafnya dengan negara tuan rumah tempatnya bekerja,” kata Stephane Dujarric, juru bicara PBB. “Untuk pekerjaan yang dilakukannya di Gaza dan Tepi Barat, UNRWA berbagi daftar stafnya dengan Otoritas Palestina dan pemerintah Israel, sebagai kekuatan pendudukan di wilayah tersebut.”

Mengapa Israel Ingin Melemahkan UNRWA?

1. Mengabadikan Masalah Pengungsi Palestina

Mengapa Israel Ingin Melemahkan UNRWA?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Israel telah lama berupaya untuk mengakhiri UNRWA, dengan alasan bahwa badan PBB tersebut “mengabadikan” masalah pengungsi Palestina karena memungkinkan warga Palestina untuk mentransfer status pengungsi dari generasi ke generasi dan Israel telah menolak untuk menerima hak kembalinya para pengungsi tersebut.

Tuduhan Israel baru-baru ini terhadap pegawai UNRWA muncul pada hari yang sama dengan keputusan sementara ICJ yang memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida dan meningkatkan bantuan ke Gaza.


2. Mengalihkan Perhatian dari Sidang Kejahatan Perang di Den Haag

Mengapa Israel Ingin Melemahkan UNRWA?

Foto/Reuters

“Saya rasa bukan suatu kebetulan jika tuduhan ini muncul segera setelah keputusan ICJ,” kata Diana Buttu, pakar hukum internasional Palestina.

“Hal ini dirancang untuk menyimpang dari keputusan ICJ dan memusatkan perhatian pada UNRWA dan untuk melemahkan segala upaya untuk meminta pertanggungjawaban Israel atau menghentikan genosida.”

Mantan Duta Besar Inggris untuk Uzbekistan Craig Murray menulis bahwa tuduhan terhadap 12 anggota staf UNRWA “memberikan propaganda kontra-narasi terhadap keputusan ICJ, dan mengurangi kredibilitas bukti UNRWA di hadapan pengadilan”.

3. Ingin Mengusir Warga Palestina dari Gaza dan Tepi Barat

Mengapa Israel Ingin Melemahkan UNRWA?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Israel juga ingin menghilangkan UNRWA untuk memaksa warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat untuk bermigrasi ke tempat lain karena putus asa, menurut Zaid Amali, pemegang kartu UNRWA dan aktivis masyarakat sipil di Tepi Barat.

Terdapat bukti bahwa Israel secara konsisten berupaya untuk secara paksa menggusur warga Palestina, selain dari sejarah panjang pemukim yang didukung negara mengusir warga Palestina dari Tepi Barat dan Yerusalem Timur, Menteri Israel Itamar Ben-Gvir dan Bezalel Smotrich baru-baru ini mengulangi gagasan untuk warga Palestina “secara sukarela bermigrasi” keluar dari Gaza, sebuah eufemisme untuk pengungsian paksa.

“Langkah menargetkan UNRWA ini sejalan dengan tujuan keseluruhan untuk menggusur lebih banyak warga Palestina [dari tanah mereka] untuk membangun lebih banyak pemukiman ilegal,” katanya kepada Al Jazeera.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)