Houthi Kembali Serang Kapal Dagang Inggris di Laut Merah

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Iran secara resmi membantah terlibat langsung dalam krisis tersebut.

CENTCOM, komando kombatan AS yang bertanggung jawab atas operasi di Timur Tengah, melaporkan pada Kamis bahwa pasukan Amerika telah menembak jatuh drone Houthi dan kendaraan permukaan yang tidak memiliki bahan peledak di Teluk Aden dan Laut Merah.

Operasi yang dipimpin AS di Laut Merah untuk melawan blokade Houthi dan serangan di Yaman telah gagal menghentikan operasi tersebut.

Sejak 12 Januari, ketika serangan AS dan Inggris di Yaman dimulai, kelompok Houthi telah menargetkan selusin kapal komersial dan militer di wilayah tersebut.

Blokade Houthi berdampak dramatis terhadap perekonomian negara-negara Barat, dengan hampir setengah lusin perusahaan pelayaran besar termasuk Maersk, CMA CGM dan Hapag-Lloyd menghentikan semua operasi melalui Laut Merah.

Pelabuhan Eilat Israel mengalami penurunan aktivitas sebesar 85% berkat blokade Houthi tersebut.

Terusan Suez di Mesir mengalami penurunan pendapatan transit sebesar miliaran dolar, sementara Qatar, pemasok utama gas alam cair ke Eropa, telah menangguhkan ekspor di tengah krisis ini.

Hal itu menambah kerugian Uni Eropa yang berasal dari penangguhan pengiriman energi oleh BP dan Shell melalui jalur strategis tersebut.

Konsumen di negara-negara Barat diperkirakan akan paling menderita akibat dampak blokade ini, karena mereka akan menghadapi ancaman mulai dari lonjakan inflasi dan harga bahan bakar yang lebih tinggi hingga harga barang-barang impor yang lebih tinggi karena perusahaan-perusahaan yang masih beroperasi di Laut Merah menimbun persediaan.

Sementara yang lain terpaksa mengambil perjalanan jauh di sekitar Afrika dari Asia ke Eropa dan sebaliknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)