Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

Kamis, 01 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?
Ribuan tentara AS ditempatkan di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Tiga tentara AS tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah sebuah pesawat tak berawak menghantam pos militer di Yordania , yang dikenal sebagai Tower 22, pada Minggu. Lokasi tersebut hanyalah salah satu dari banyak pangkalan AS di Timur Tengah.

Kehadiran banyak pasukan AS di Timur Tengah tidak lepas karena kawasan tersebut kerap mengalami gejolak perang dan konflik yang tidak tuntas hingga kini. Persaingan antara Iran dan Arab Saudi yang didukung AS juga menjadi salah satu latar belakangnya, selain karena faktor minyak bumi.

Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

1. Sudah Ada Sejak Beberapa Dekade

Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

Foto/Reuters

Melansir Rueters, AS telah mengoperasikan pangkalannya di Timur Tengah selama beberapa dekade. Pada puncaknya, terdapat lebih dari 100.000 tentara AS di Afghanistan pada tahun 2011 dan lebih dari 160.000 personel di Irak pada tahun 2007.

Meskipun jumlahnya jauh lebih rendah setelah penarikan diri dari Afghanistan pada tahun 2021, masih ada sekitar 30.000 tentara AS yang tersebar di seluruh wilayah tersebut. Selain itu, sejak perang Israel-Gaza dimulai pada bulan Oktober, AS untuk sementara waktu telah mengirimkan ribuan pasukan tambahan di wilayah tersebut, termasuk dengan kapal perang.


2. Pangkalan Militer AS Terbesar di Qatar

Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

Foto/Reuters

Pangkalan AS terbesar di Timur Tengah terletak di Qatar, yang dikenal sebagai Pangkalan Udara Al Udeid dan dibangun pada tahun 1996. Negara-negara lain di mana AS hadir termasuk Bahrain, Kuwait, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA).

AS memiliki sekitar 900 tentara di Suriah, di pangkalan-pangkalan kecil seperti ladang minyak al Omar dan al-Shaddadi yang sebagian besar berada di timur laut negara itu. Ada sebuah pos kecil di dekat perbatasan kabupaten dengan Irak dan Yordania, yang dikenal sebagai garnisun Al Tanf.

Terdapat 2.500 personel di Irak, tersebar di sekitar fasilitas seperti Union III dan pangkalan udara Ain al-Asad, meskipun pembicaraan masih berlangsung mengenai masa depan pasukan tersebut.

3. Menjaga Kepentingan AS

Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

Foto/Reuters

Melansir Rueters, pasukan AS ditempatkan di Timur Tengah karena alasan yang berbeda-beda dan kecuali Suriah, mereka berada di sana dengan izin dari pemerintah masing-masing negara.

Di beberapa negara seperti Irak dan Suriah, pasukan AS berada di sana untuk berperang melawan militan ISIS dan juga membantu memberi nasihat kepada pasukan lokal. Namun mereka mendapat serangan dari pasukan yang didukung Iran selama beberapa tahun terakhir dan telah mengambil tindakan terhadap mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)