AS: Rencana Pengerahan Senjata Nuklir ke Inggris Mengalami Kemajuan

Selasa, 30 Januari 2024 - 11:01 WIB
loading...
A A A
Spesifikasi jendelanya termasuk kaca yang tahan terhadap benturan senapan kaliber .30.

Kontraktor yang ditunjuk untuk pekerjaan tersebut adalah perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab, Specialist Solutions LLC.

Rencana pengerahan senjata nuklir AS ke Inggris pertama kali terungkap di surat kabar The Telegraph.

Itu akan menjadi pertama kalinya dalam lebih dari 15 tahun senjata nuklir Amerika dikerahkan di wilayah Inggris.

Pada 2008, BBC melaporkan bahwa senjata tersebut telah dipindahkan dari RAF Lakenheath, yang menampung 4.000 personel militer dan lebih dari 1.500 warga sipil Inggris dan AS.

Pangkalan tersebut saat ini menjadi rumah bagi Sayap Tempur ke-48 USAF, satu-satunya unit di Eropa yang mengoperasikan pesawat tempur F-15E Eagle dan F-35A Lighting II.

Laporan dari AS menunjukkan bahwa F-35A yang lebih baru telah diuji terbang menggunakan varian terbaru bom termonuklir B61-12, yang membuka jalan bagi pesawat tersebut untuk mulai membawa senjata tersebut.

Menurut publikasi pertahanan; Janes, B61-12 mampu menghasilkan daya ledak hingga 340 kiloton, atau lebih dari dua puluh kali kekuatan bom Hiroshima.

Sekretaris Jenderal Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, Kate Hudson, mengatakan: "Dokumen-dokumen ini menyoroti dengan jelas bahwa 'misi nuklir yang akan datang' akan ditempatkan di RAF Lakenheath—membenarkan apa yang telah kami duga sejak November 2022—bahwa senjata nuklir AS akan kembali ke Inggris."

“Sangat memalukan bahwa pemerintah AS dan Inggris terus menganggap masyarakat bodoh mengenai masalah serius ini—menolak memberi informasi penting tentang keamanan kami,” imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)