AS: Rencana Pengerahan Senjata Nuklir ke Inggris Mengalami Kemajuan

Selasa, 30 Januari 2024 - 11:01 WIB
loading...
AS: Rencana Pengerahan Senjata Nuklir ke Inggris Mengalami Kemajuan
Dokumen Pentagon sebut rencana pengerahan senjata nuklir Amerika Serikat ke Inggris mengalami kemajuan. Foto/USAF
A A A
LONDON - Sebuah dokumen pemberitahuan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan rencana untuk mengerahkan senjata nuklir Amerika ke pangkalan udara di Suffolk, Inggris, telah mengalami kemajuan.

Kontrak untuk membangun tempat perlindungan guna melindungi pasukan yang akan mempertahankan fasilitas penyimpanan di RAF Lakenheath, Suffolk, telah diberikan.

Dokumen Departemen Pertahanan Amerika menyatakan bahwa pekerjaan tersebut merupakan persiapan untuk “misi nuklir mendatang” pangkalan tersebut.

Mengutip laporan BBC, Selasa (30/1/2024), Angkatan Udara AS (USAF) belum menanggapi permintaan komentar.



Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan ada kesepakatan lama di antara mitra NATO untuk tidak mengomentari lokasi senjata nuklir.

Pada bulan Maret 2023, sebuah dokumen dari Kantor Wakil Menteri Pertahanan AS mengungkapkan bahwa anggaran USD50 juta telah dialokasikan untuk membangun fasilitas yang dikenal sebagai "Surety Dormitory [Asrama Penjamin]" di RAF Lakenheath.

Frasa ini dipahami merujuk pada penyimpanan senjata nuklir.

Bulan September berikutnya, pemberitahuan pemberian kontrak pemerintah AS diterbitkan yang menunjukkan bagaimana anggaran USD924.000 akan dibelanjakan untuk membangun fasilitas penjagaan yang dikenal sebagai "tempat perlindungan keamanan balistik yang diperkeras".

Sebanyak 22 kabin bermanuver tahan ledakan sedang dibangun dengan lembaran logam antipeluru yang dilas ke rangkanya untuk melindungi aset bernilai tinggi dari pasukan pertahanan RAF Lakenheath; Skuadron Pasukan Keamanan ke-48 (48 SFS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)