Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas

Senin, 29 Januari 2024 - 19:50 WIB
loading...
A A A
Perang tersebut telah menjerumuskan Gaza ke dalam krisis kemanusiaan yang parah. Satu dari empat warga Palestina di wilayah tersebut menghadapi kelaparan, menurut para pejabat PBB, yang mengatakan operasi bantuan terhambat oleh pertempuran dan pembatasan yang dilakukan Israel.

“Operasi kemanusiaan kami, yang menjadi sandaran hidup 2 juta orang di Gaza, gagal,” tulis Lazzarini di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dilansir AP.

Ia mengungkapkan keterkejutannya bahwa negara-negara akan menghentikan bantuan “berdasarkan dugaan perilaku beberapa individu dan ketika perang terus berlanjut, kebutuhan akan semakin besar dan kelaparan akan segera terjadi.”

Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 26.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 64.400 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Mereka tidak membedakan jumlah korban jiwa antara warga sipil dan kombatan, namun mengatakan sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Korban tewas mencakup lebih dari 150 pegawai UNWRA, jumlah terbanyak pekerja bantuan PBB yang hilang dalam satu konflik.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)