Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas

Senin, 29 Januari 2024 - 19:50 WIB
loading...
Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas
UNWRA menyediakan bantuan bagi ratusan ribu pengungsi di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tuduhan Israel bahwa 12 pegawai badan PBB terlibat dalam serangan Hamas pada 7 Oktober telah menyebabkan beberapa negara Barat memotong pendanaan dan menghidupkan kembali perdebatan mengenai penyedia bantuan kemanusiaan terbesar di Gaza.

Badan PBB untuk pengungsi Palestina, yang dikenal sebagai UNRWA, mempekerjakan ribuan staf dan memberikan bantuan serta layanan penting kepada jutaan orang di Timur Tengah. Di Gaza, mereka telah menjadi pemasok utama makanan, air dan tempat tinggal bagi warga sipil selama perang Israel-Hamas.

Israel telah lama mengecam lembaga tersebut, menuduhnya menoleransi atau bahkan berkolaborasi dengan Hamas dan melanggengkan krisis pengungsi Palestina yang sudah berlangsung selama 75 tahun. Pemerintah Israel menuduh Hamas dan kelompok militan lainnya menyedot bantuan dan menggunakan fasilitas PBB untuk tujuan militer.

UNRWA membantah tuduhan tersebut dan mengatakan pihaknya mengambil tindakan cepat terhadap karyawan yang dituduh terlibat dalam serangan tersebut. Amerika Serikat dan delapan negara Barat lainnya yang bersama-sama menyediakan lebih dari setengah anggaran UNRWA pada tahun 2022, namun tetap menangguhkan pendanaan mereka untuk badan tersebut.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan 2 juta warga Palestina di Gaza, atau 87% dari populasi, bergantung pada layanan UNRWA yang akan dikurangi segera pada bulan Februari jika dana tersebut tidak dikembalikan.

Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas

1. Memberi Bantuan bagi 700.000 Pengungsi Palestina

Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas

Foto/Reuters

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat didirikan untuk memberikan bantuan kepada sekitar 700.000 warga Palestina yang melarikan diri atau diusir dari wilayah yang sekarang menjadi wilayah Israel selama perang tahun 1948 seputar pendirian negara tersebut.

Palestina mengatakan para pengungsi dan keturunan mereka, yang kini berjumlah hampir 6 juta jiwa di seluruh Timur Tengah, mempunyai hak untuk kembali ke rumah mereka.

Israel menolak, karena jika hak untuk kembali diterapkan sepenuhnya, hal itu akan menghasilkan mayoritas warga Palestina di dalam perbatasannya. Nasib para pengungsi dan keturunan mereka merupakan salah satu isu paling pelik dalam proses perdamaian, yang terhenti pada tahun 2009.

UNRWA mengoperasikan sekolah, klinik kesehatan, proyek infrastruktur dan program bantuan di kamp-kamp pengungsi yang sekarang menyerupai lingkungan perkotaan padat di Gaza, Tepi Barat yang diduduki Israel, Lebanon, Suriah dan Yordania. Perusahaan ini memiliki 13.000 karyawan di Gaza saja, sebagian besar dari mereka adalah warga Palestina.

Di Gaza, di mana sekitar 85% dari 2,3 juta penduduk wilayah tersebut telah meninggalkan rumah mereka, lebih dari 1 juta orang berlindung di sekolah-sekolah UNRWA dan fasilitas lainnya.


2. Dituding Memiliki Afiliasi dengan Hamas

Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas

Foto/Reuters

Israel menuduh UNRWA menutup mata ketika Hamas, yang telah memerintah Gaza sejak tahun 2007, menyedot bantuan yang ditujukan untuk warga sipil dan terjadi pertempuran di dalam dan di sekitar fasilitas PBB, yang beberapa di antaranya telah dilanda perang. Mereka juga mengungkap terowongan Hamas yang berada di samping atau di bawah fasilitas UNRWA dan menuduh badan tersebut mengajarkan kebencian terhadap Israel di sekolah-sekolahnya.

UNRWA membantah tuduhan tersebut. Dikatakan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Hamas atau kelompok militan lainnya, dan bahwa mereka menyelidiki secara menyeluruh setiap tuduhan pelanggaran dan meminta pertanggungjawaban staf. Dikatakan bahwa pihaknya membagikan daftar seluruh stafnya dengan Israel dan negara tuan rumah lainnya.

Ke-12 pegawai tersebut dikatakan ikut serta dalam kejutan pada 7 Oktober di mana pejuang Hamas dari Gaza menyerbu pertahanan perbatasan Israel yang luas. Militan lain ikut mengamuk di komunitas sekitar, yang menyebabkan 1.200 orang tewas, sebagian besar warga sipil. Sekitar 250 orang lainnya, termasuk anak-anak, ditangkap dan diseret ke Gaza.

Sekjen PBB Guterres mengatakan sembilan orang yang menjadi tersangka pegawai UNRWA segera diberhentikan, satu orang dipastikan tewas dan dua lainnya masih perlu diidentifikasi. Ia mengatakan, semua akan dimintai pertanggungjawaban, termasuk melalui jalur pidana.

Baik rincian tuduhan maupun bukti yang mendukungnya belum dipublikasikan.

UNRWA mengutuk serangan 7 Oktober itu dan menyerukan agar semua sandera dibebaskan. Awal bulan ini, sebelum adanya tuduhan terbaru, Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini mengumumkan tinjauan eksternal terhadap badan tersebut untuk menentukan tuduhan mana yang “benar atau tidak benar” dan “apa yang bermotif politik.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan lembaga tersebut harus ditutup. Namun pemerintahannya terus mengizinkan UNRWA untuk beroperasi di Tepi Barat dan Gaza, dimana UNRWA menyediakan layanan dasar yang mungkin menjadi tanggung jawab Israel sebagai kekuatan pendudukan. Tidak ada entitas lain yang dapat dengan cepat mengisi kekosongan tersebut jika UNRWA menghentikan operasinya.

3. Operasional UNRWA Akan Terganggu

Apa itu UNRWA? Lembaga PBB yang Dituduh Israel Memiliki Afiliasi dengan Hamas

Foto/Reuters

Amerika Serikat, yang merupakan negara pertama yang menangguhkan pendanaan, adalah donor terbesar bagi UNRWA, memberikan dana sebesar USD340 juta pada tahun 2022. Inggris, Kanada, Australia, Jerman, Italia, Belanda, Swiss, dan Finlandia juga telah menangguhkan bantuan.

Kesembilan negara tersebut menyediakan hampir 60% anggaran UNRWA pada tahun 2022. Belum jelas kapan atau bagaimana penangguhan bantuan akan berdampak pada operasional sehari-hari badan tersebut. Norwegia dan Irlandia mengatakan mereka akan terus mendanai UNRWA, sementara donor lainnya belum mengambil keputusan.

Perang tersebut telah menjerumuskan Gaza ke dalam krisis kemanusiaan yang parah. Satu dari empat warga Palestina di wilayah tersebut menghadapi kelaparan, menurut para pejabat PBB, yang mengatakan operasi bantuan terhambat oleh pertempuran dan pembatasan yang dilakukan Israel.

“Operasi kemanusiaan kami, yang menjadi sandaran hidup 2 juta orang di Gaza, gagal,” tulis Lazzarini di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dilansir AP.

Ia mengungkapkan keterkejutannya bahwa negara-negara akan menghentikan bantuan “berdasarkan dugaan perilaku beberapa individu dan ketika perang terus berlanjut, kebutuhan akan semakin besar dan kelaparan akan segera terjadi.”

Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 26.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 64.400 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Mereka tidak membedakan jumlah korban jiwa antara warga sipil dan kombatan, namun mengatakan sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Korban tewas mencakup lebih dari 150 pegawai UNWRA, jumlah terbanyak pekerja bantuan PBB yang hilang dalam satu konflik.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)