4 Alasan Sekutu Israel Menghentikan Bantuan untuk Lembaga PBB untuk Palestina (UNRWA)

Senin, 29 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
A A A
“Lazzarini harap mengundurkan diri,” tulis Katz di platform media sosial X sebagai tanggapan atas peringatan ketua UNRWA mengenai konsekuensi pemotongan dana.

Gunness, mantan juru bicara UNRWA, mengatakan ada “serangan politik terkoordinasi” terhadap badan PBB untuk pengungsi Palestina.

“Israel mengatakan mereka tidak bisa memenangkan perang di Gaza kecuali UNRWA dibubarkan. Jadi sinyal lebih jelas apa yang Anda inginkan?” katanya kepada Al Jazeera pada hari Minggu.

3. Aktor Kemanusiaan Terbesar di Gaza

4 Alasan Sekutu Israel Menghentikan Bantuan untuk Lembaga PBB untuk Palestina (UNRWA)

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, UNRWA adalah aktor kemanusiaan terbesar di Gaza dan sekitar 3.000 staf intinya dari 13.000 staf di Gaza terus melapor untuk bekerja meskipun terjadi perang, menurut badan tersebut.

Lazzarini dari UNRWA mengatakan dua juta orang dari sekitar 2,3 juta penduduk di Gaza bergantung pada operasi kemanusiaan yang dilakukan badan tersebut.

“Saya terkejut keputusan seperti itu diambil berdasarkan dugaan perilaku beberapa individu dan seiring dengan berlanjutnya perang, kebutuhan semakin besar dan kelaparan pun terjadi,” kata ketua UNRWA di X.

“Warga Palestina di Gaza tidak memerlukan hukuman kolektif tambahan ini. Ini menodai kita semua.”

Pejabat PBB tersebut menambahkan bahwa badan tersebut mengelola tempat penampungan bagi lebih dari satu juta orang dan menyediakan makanan serta layanan kesehatan dasar bahkan pada puncak permusuhan.

Sementara itu, Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa puluhan ribu orang yang bekerja untuk UNRWA, banyak di antaranya berada dalam situasi paling berbahaya, tidak boleh dihukum karena tuduhan baru-baru ini.

“Kebutuhan mendesak dari masyarakat yang putus asa yang mereka layani harus dipenuhi,” katanya.

4. Memilih Israel, Bukan Memberikan Perhatian kepada Penderitaan Rakyat Palestina

4 Alasan Sekutu Israel Menghentikan Bantuan untuk Lembaga PBB untuk Palestina (UNRWA)

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)