Pejabat AS-Korut Bertemu, Bahas Pertemuan Trump-Jong-un

Senin, 28 Mei 2018 - 03:27 WIB
Pejabat AS-Korut Bertemu, Bahas Pertemuan Trump-Jong-un
Pejabat AS-Korut Bertemu, Bahas Pertemuan Trump-Jong-un
A A A
WASHINGTON - Para pejabat Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) bertemu sebagai persiapan untuk kemungkinan pertemuan puncak Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un. Pemimpin Korut tersebut telah menegaskan komitmennya untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Pertemuan antara pejabat Washington dengan Pyongyang itu terjadi di perbatasan Korut dengan Korea Selatan (Korsel).

"Sebuah delegasi AS sedang dalam pembicaraan yang sedang berlangsung dengan pejabat Korea Utara di Panmunjom," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert, mengacu pada sebuah desa di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membentang di sepanjang perbatasan bersenjata antara Korut dan Korsel.

"Kami terus mempersiapkan pertemuan antara Presiden dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un," katanya dalam sebuah pernyataan yang dinukil Reuters, Senin (28/5/2018).

Sebelumnya dilaporkan sejumlah pejabat AS menyambangi Korut. The Washington Post pertama kali melaporkan bahwa tim, yang juga termasuk Allison Hooker, ahli Korea di Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, bertemu dengan Choe Son-hui, wakil menteri luar negeri Korut.

Sementara seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Sung Kim memimpin delegasi Amerika untuk bertemu dengan pejabat Korut di perbatasan. Sung Kim adalah mantan duta besar AS untuk Korea Selatan. Selain itu pejabat Pentagon, Randall Schriver, juga menjadi bagian dari tim AS.

Selain pembicaraan di perbatasan, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan tim pendahulu telah berangkat ke Singapura pada Minggu pagi untuk bekerja mempersiapkan logistik untuk kemungkinan KTT.

Baca Juga: Trump-Kim Jong-un Bertemu, Gedung Putih Kirim Tim ke Singapura
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4701 seconds (0.1#10.140)