Mengapa Presiden AS Joe Biden Disebut Penjahat Perang?

Minggu, 28 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Biden telah memberikan dukungan politik dan keuangan tanpa syarat kepada Israel sejak negara itu memulai perangnya di Gaza pada 7 Oktober. Presiden tersebut meminta bantuan tambahan lebih dari USD14 miliar untuk sekutu AS tersebut dan Gedung Putih masih bekerja sama dengan Kongres untuk mendapatkan dana tersebut.

Pada saat yang sama, Washington dengan tegas mengesampingkan penghentian atau pengondisian bantuan kepada Israel, bahkan setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara terbuka menentang Biden dengan menolak solusi dua negara.

Namun, pemerintahan Biden berargumen bahwa mereka mendorong Israel untuk meminimalkan korban sipil dan berusaha meningkatkan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza di mana penduduknya berada di ambang kelaparan menurut kelompok hak asasi manusia.

Abraham Aiyash, pemimpin mayoritas Dewan Perwakilan Michigan, menolak klaim Washington bahwa mereka berusaha membantu rakyat Gaza.

“'Mencoba' telah menyebabkan hampir 30.000 orang tewas, kehancuran besar-besaran infrastruktur sipil dan pemerintahan fasis sayap kanan yang lebih berani di Israel. Jadi jika Amerika Serikat ‘mencoba’, saya takut akan jadi apa jika Amerika tidak mencobanya,” kata Aiyash, yang merupakan keturunan Yaman, kepada Al Jazeera.

4. Melanggar Hak Asasi Manusia

Mengapa Presiden AS Joe Biden Disebut Penjahat Perang?

Foto/Reuters

Selain itu, para pembela hak asasi manusia Palestina menuduhnya berkontribusi terhadap dehumanisasi warga Palestina. Pada bulan Oktober, Biden menggambarkan ribuan kematian warga sipil di Gaza sebagai “harga akibat perang”.

Dalam sebuah pernyataan yang menandai hari ke-100 konflik pada awal bulan ini, presiden AS fokus pada tawanan Israel di Gaza, dan tidak menyebut sama sekali warga Palestina.

Pemerintahan Biden juga telah memveto dua resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan deeskalasi di Gaza di mana lebih dari 26.000 warga Palestina telah terbunuh.

Minggu ini, pemerintahan Biden juga menangguhkan pendanaan untuk badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) berdasarkan tuduhan Israel yang belum dikonfirmasi bahwa beberapa pekerja UNRWA berpartisipasi dalam serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Osama Siblani, penerbit Arab American News yang berbasis di Dearborn, bertemu dengan Chavez Rodriguez minggu ini untuk menyampaikan pesan pedas ke wajahnya, katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)