Eks Jenderal AS: Amerika Harus Menjauhi Perang Darat Israel Melawan Hamas

Minggu, 28 Januari 2024 - 07:56 WIB
loading...
A A A
Netanyahu juga dilaporkan telah memberi tahu Gedung Putih bahwa dia menentang pembentukan Negara Palestina pascaperang.

Dalam konferensi pers yang disiarkan secara nasional, Netanyahu mengatakan kepada Amerika bahwa dia tidak hanya menolak pendirian Negara Palestina, namun juga berjanji untuk melanjutkan serangan militer sampai Israel “menyadari kemenangan yang menentukan atas Hamas.”

Jon Hoffman, analis kebijakan luar negeri di Cato Institute, sebelumnya mengatakan kepada Newsweek melalui email bahwa pernyataan Netanyahu bermasalah karena berbagai alasan.

Dia mengatakan tujuan PM Israel untuk mencapai “kemenangan yang menentukan atas Hamas” tidak hanya tidak jelas, tetapi juga hampir mustahil.

“Melalui pembunuhan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil dan menghilangkan segala prospek negosiasi politik, Israel lebih cenderung menanam benih perlawanan bersenjata di masa depan daripada menurunkan kemampuan militer atau posisi politik Hamas,” kata Hoffman.

Pada hari Jumat, Biden berbicara dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dan emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani menjelang perjalanan Direktur CIA William Burns ke Eropa.

Misi bos CIA tersebut adalah untuk mencapai kesepakatan untuk menjamin pembebasan lebih banyak sandera yang ditahan oleh Hamas sebagai imbalan atas penghentian pertempuran dengan Israel di Gaza.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mencatat percakapan tersebut, dan menambahkan bahwa meskipun ada upaya untuk memfasilitasi kesepakatan penyanderaan lainnya, "Kita tidak boleh mengharapkan adanya perkembangan dalam waktu dekat."

“Kami terus melakukan segala yang kami bisa untuk memfasilitasi kesepakatan penyanderaan lainnya, seperti yang kami lakukan pada bulan November,” ujarnya.

Sekitar 100 sandera dibebaskan oleh Hamas dalam gencatan senjata sementara dengan imbalan pembebasan 240 warga Palestina yang dipenjarakan oleh Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)