20 Warga Palestina Tewas Diserang Tentara Israel saat Antre Bantuan Makanan

Jum'at, 26 Januari 2024 - 08:31 WIB
loading...
20 Warga Palestina Tewas Diserang Tentara Israel saat Antre Bantuan Makanan
Sebanyak 20 warga Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka setelah diserang tentara Israel saat antre bantuan makanan di Kota Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Sebanyak 20 warga Palestina tewas dan sekitar 150 lainnya terluka setelah diserang tentara Israel ketika mereka sedang antre bantuan makanan di Kota Gaza.

Serangan kejam ini berlangsung pada Kamis (25/1/2024). Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan tersebut merupakan kejahatan perang.

Militer Israel mengatakan pihaknya sedang menyelidiki laporan tentang serangan tersebut.



The National and Islamic Forces Follow-up Committee, sebuah koalisi kelompok militan dan politik, mengatakan pasukan Israel menargetkan warga sipil yang antre bantuan.

"Puluhan orang tewas dan terluka dalam kejahatan perang dan genosida,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Jumat (26/1/2024).

Juga di Gaza tengah, pejabat kesehatan Palestina mengatakan serangan udara Israel diluncurkan saat malam tiba terhadap sebuah rumah di kamp pengungsi Al-Nusseirat. Enam orang tewas dalam serangan ini.

Di selatan daerah kantong Palestina tersebut, tank-tank Israel menghantam daerah sekitar dua rumah sakit di selatan kota utama Gaza, Khan Younis, memaksa para pengungsi untuk berjuang demi keselamatan.

Sementara itu, di wilayah utara, seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia menggambarkan situasi pangan “benar-benar mengerikan” dan para pekerja kemanusiaan mengatakan pengiriman bantuan yang jarang terjadi dikerumuni oleh orang-orang yang putus asa dan tampak kelaparan dengan mata cekung.

Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Jalur Gaza kini terhimpit di Khan Younis dan kota-kota di utara dan selatannya, setelah diusir dari bagian utara Gaza pada awal kampanye militer Israel, yang kini memasuki bulan keempat.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 50 warga Palestina telah terbunuh dalam 24 jam terakhir di Khan Younis, di mana Israel telah mengalihkan operasi militer besar-besaran setelah mulai menarik pasukan dari wilayah utara yang menurut mereka sebagian besar kini mereka kendalikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)