Kelompok Bersenjata Serang Gereja di Wilayah Chechnya, 3 Tewas

Minggu, 20 Mei 2018 - 08:57 WIB
Kelompok Bersenjata Serang Gereja di Wilayah Chechnya, 3 Tewas
Kelompok Bersenjata Serang Gereja di Wilayah Chechnya, 3 Tewas
A A A
MOSKOW - Empat pria bersenjata menyerbu sebuah gereja di wilayah Chechnya yang didominasi Muslim, Sabtu (20/5/2018). Insiden itu menewaskan paling tidak satu orang dan dua petugas polisi.

"Semua penyerang tewas dalam baku tembak dengan polisi di Gereja Archangel Michael di pusat Grozny, ibu kota," menurut Komite Investigasi Rusia, sebuah badan keamanan internal seperti dikutip dari New York Times, Minggu (20/5/2018).

Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov mengatakan, kelompok bersenjata itu pada awalnya menyandera. Ia menambahkan bahwa para penyerang bersenjata dengan pisau, kapak dan bahan peledak buatan sendiri.

Tidak jelas apakah ada hubungan antara penyerang dan kelompok ekstremis. Namun Chechnya telah mengalami serangan oleh ekstremis Islam sebelumnya, termasuk mereka yang berjanji setia kepada ISIS.

Perempuan dan laki-laki dari wilayah mayoritas Muslim Rusia, termasuk Chechnya, telah melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak untuk berjuang bersama ISIS di sana, dan lusinan telah mulai kembali karena kelompok itu telah kehilangan sebagian besar wilayahnya.

Wilayah bergolak Chechnya adalah tempat dua perang separatis terjadi pada 1990-an. Menyusul konflik itu, Kadyrov, dengan dukungan pemerintah Rusia, telah menindak tegas perbedaan pendapat. Kelompok hak asasi manusia telah menuduh pasukannya melakukan pelanggaran termasuk penyiksaan, penculikan dan pembunuhan.

Grozny pernah memiliki penduduk etnis Rusia, Kristen yang besar tetapi kebanyakan dari mereka melarikan diri selama perang. Gereja yang diserang Sabtu berada di pusat kota dan merupakan jantung dari beberapa pertempuran tahun 1990-an.

Kadyrov mengutuk serangan tersebut dan mengatakan ia segera pergi ke gereja dan ada bersama dengan polisi saat mereka merespon aksi tersebut. Ia bersumpah untuk menghancurkan siapa saja yang mencoba melakukan serangan di wilayahnya.

"Saya sekali lagi dengan sangat serius menyatakan bahwa Anda dapat mencoba melakukan tindakan apa pun yang ditujukan untuk merusak keamanan warga Grozny dan permukiman lain," katanya.

"Tapi siapa pun yang membuat langkah pertama di sepanjang jalan ini akan segera dihancurkan," tegasnya.

Ia membuat pernyataan melalui aplikasi pesan Telegram, di mana dia secara teratur memposting informasi setelah "ditendang" dari Instagram dan Facebook. Kadyrov dimasukkan ke daftar sanksi Amerika Serikat (AS).

Serangan terhadap gereja-gereja di Chechnya jarang terjadi. Tidak banyak gereja di wilayah ini, dan mereka dilindungi oleh pasukan Kadyrov.

Setidaknya satu dari orang-orang bersenjata yang dicurigai telah diidentifikasi sebagai penduduk pinggiran Grozny, kata Kadyrov, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang salah satu penyerang.

Sebuah serangan 2014 di Grozny tengah menewaskan sedikitnya 20, dan serangan mematikan pada militer Rusia, juga di Grozny, terkait dengan ISIS.

Serangan itu terjadi saat Rusia bersiap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia bulan depan. Tidak ada pertandingan yang akan dimainkan di Grozny, tetapi kota itu akan berfungsi sebagai tempat latihan bagi tim Mesir. Kantor berita Rusia melaporkan pada bulan April bahwa Biro Keamanan Federal - badan keamanan utama negara - mengatakan bahwa mereka telah menggagalkan serangkaian serangan teroris yang direncanakan untuk Piala Dunia di wilayah Moskow.

Ekstremis Islam telah menyerang bagian lain Rusia juga dalam beberapa tahun terakhir, dan sebelumnya telah menargetkan gereja-gereja. Di wilayah tetangga Dagestan awal tahun ini, seorang pria menembaki jamaah di sebuah gereja Ortodoks, menewaskan sedikitnya lima orang. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Serangan kembar pada tahun 2013 di Volgograd menewaskan sedikitnya 34 orang. Serangan 2017 di St. Petersburg menewaskan sedikitnya 11 orang dan kemudian diklaim oleh al-Qaeda. Kedua kota akan menjadi tuan rumah pertandingan di Piala Dunia musim panas ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4969 seconds (0.1#10.140)