Gencatan Senjata Satu Bulan Terus Dinegosiasikan, Perang Hamas Vs Israel Akan Berhenti?

Rabu, 24 Januari 2024 - 17:21 WIB
loading...
Gencatan Senjata Satu Bulan Terus Dinegosiasikan, Perang Hamas Vs Israel Akan Berhenti?
Perang Hamas melawan Israel akan segera berakhir jika gencatan senjata selama satu bulan disepakati. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel dan Hamas secara umum sepakat pada prinsipnya bahwa pertukaran sandera Israel dengan tahanan Palestina dapat dilakukan selama gencatan senjata selama sebulan, tetapi rencana kerangka kerja tersebut ditunda oleh kedua belah pihak.

"Perbedaan pendapat mengenai cara mengakhiri perang Gaza secara permanen," kata tiga sumber, dilansir Reuters.

Upaya mediasi intensif yang dipimpin oleh Doha, Washington dan Mesir dalam beberapa pekan terakhir berfokus pada pendekatan bertahap untuk membebaskan berbagai kategori sandera Israel – dimulai dengan warga sipil dan diakhiri dengan tentara – dengan imbalan penghentian permusuhan, pembebasan tahanan Palestina dan banyak lagi. bantuan ke Gaza.

Putaran terakhir diplomasi ulang-alik dimulai pada 28 Desember dan telah mempersempit perbedaan pendapat mengenai lamanya gencatan senjata awal menjadi sekitar 30 hari. "Itu setelah Hamas pertama kali mengusulkan jeda beberapa bulan," kata salah satu sumber, seorang pejabat yang menjelaskan perundingan tersebut.

Namun, enam sumber lainnya, Hamas menolak untuk melanjutkan rencana tersebut sampai kondisi gencatan senjata permanen di masa depan disepakati. Sebagian besar sumber yang dimintai pendapatnya untuk berita ini meminta agar tidak disebutkan namanya agar bisa berbicara bebas mengenai masalah-masalah sensitif.

Sementara Israel berusaha melakukan perundingan secara bertahap. "Hamas sedang mengupayakan paket kesepakatan yang menyetujui gencatan senjata permanen sebelum para sandera dibebaskan pada tahap awal, kata salah satu sumber," seorang pejabat Palestina yang dekat dengan upaya mediasi. Israel dan Hamas berbicara melalui mediator, bukan berbicara secara langsung.

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa bahwa utusan AS untuk Timur Tengah Brett McGurk berada di wilayah tersebut – untuk kedua kalinya dalam seminggu – untuk berdiskusi mengenai pembebasan sandera dan bahwa Washington akan mendukung “jeda kemanusiaan” yang lebih lama.

Departemen Luar Negeri AS dan Gedung Putih, Kementerian Luar Negeri Qatar, dan Layanan Informasi Negara Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dua sumber keamanan Mesir mengatakan bahwa ada upaya yang dilakukan untuk meyakinkan Hamas agar menerima gencatan senjata satu bulan yang diikuti dengan gencatan senjata permanen. Namun, Hamas meminta jaminan bahwa kesepakatan tahap kedua akan dilaksanakan, untuk menyetujui gencatan senjata awal, kata sumber tersebut.

Sumber tersebut tidak memberikan rincian tentang apa saja jaminan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)