Deretan Sekutu Pakistan yang Saling Bermusuhan

Rabu, 24 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Hubungan Pakistan dengan Rusia, terutama setelah pecahnya perang Rusia-Ukraina, memerlukan analisis yang serius, namun tidak berkaitan dengan apakah hubungan tersebut mempunyai potensi atau harus ditingkatkan atau diturunkan. Sebaliknya, penting untuk menilai hubungan apa adanya tanpa membesar-besarkan atau menurunkan aspek apa pun.

Seperti yang terlihat dalam “Konsep Kebijakan Luar Negeri Federasi Rusia,” yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia pada awal tahun 2023, Pakistan tidak masuk atau bahkan disebutkan secara terhormat dalam daftar prinsip-prinsip dasar, tujuan strategis, dan tujuan utama. , dan bidang prioritas kebijakan luar negeri Rusia.

"Tentu saja, ada banyak orang yang akan mengutip contoh-contoh perjanjian perdagangan dan investasi sebelumnya, proyek-proyek yang sudah lama disetujui, dan keterlibatan militer antara kedua negara. Dan mereka tidak salah; unsur-unsur hubungan Pakistan-Rusia ini memang ada. Oleh karena itu, hubungan harus dinilai berdasarkan kualitas dan kuantitas interaksi, keterlibatan, dan tujuan bersama," kata Muhammad Sarmad Zia, pakar geopolitik Pakistan, dilansir The Diplomat.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)