Laju Donald Trump Makin Mulus setelah Menang Pemilu Pendahuluan di New Hampshire

Rabu, 24 Januari 2024 - 14:36 WIB
loading...
Laju Donald Trump Makin Mulus setelah Menang Pemilu Pendahuluan di New Hampshire
Mantan Presiden AS Donald Trump makin kuat untuk mendapatkan nominasi capres dari Partai Republik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Donald Trump melaju menuju kemenangan dalam pemilihan presiden Partai Republik di New Hampshire pada Selasa (23/1/2024). Itu akan mendekati pertandingan ulang pada bulan November dengan Presiden Partai Demokrat Joe Biden.

Satu-satunya saingannya yang tersisa, mantan Duta Besar AS Nikki Haley, bersumpah untuk maju terus.

“Perlombaan ini masih jauh dari selesai,” kata Haley, dilansir Reuters. Dia menantang Trump untuk berdebat dengannya. "Saya seorang pejuang. Dan saya suka berkelahi. Dan sekarang kamilah yang terakhir berdiri di samping Donald Trump."

Di pestanya sendiri di Nashua, Trump membuka pidatonya dengan mengejek Haley, menyebutnya sebagai "penipu" dan mengatakan, "Dia berpidato seolah-olah dia menang. Dia tidak menang. Dia kalah... Dia punya malam yang sangat buruk."

Ucapannya menyusul serangkaian postingan kemarahan di aplikasi Truth Social miliknya, yang mengecamnya sebagai "DELUSIONAL". Dengan 57% dari perkiraan suara yang dihitung, menurut Edison Research, Trump unggul 54,4% berbanding 43,6%.

Haley berharap kader pemilih independen yang cukup besar di negara bagian Northeastern itu akan membawanya meraih kemenangan yang mungkin akan melonggarkan cengkeraman kuat Trump terhadap Partai Republik.

Sebaliknya, Trump menjadi anggota Partai Republik pertama yang meraih suara kompetitif di Iowa – tempat ia menang dengan selisih rekor delapan hari lalu – dan New Hampshire sejak tahun 1976, ketika kedua negara bagian tersebut mengukuhkan status mereka sebagai negara bagian yang pertama kali mencalonkan diri.



Meskipun margin akhir masih belum jelas, hasil tersebut kemungkinan akan memperkuat seruan beberapa anggota Partai Republik agar Haley mundur sehingga partai tersebut dapat bersatu di belakang Trump. Tim kampanyenya berjanji dalam sebuah memo pada Selasa pagi bahwa mereka akan maju hingga "Selasa Super" pada 5 Maret, ketika Partai Republik di 15 negara bagian dan satu teritori memberikan suara.

Kontes kompetitif berikutnya dijadwalkan pada 24 Februari di Carolina Selatan, tempat Haley lahir dan menjabat dua periode sebagai gubernur. Terlepas dari hubungan keduanya, Trump mendapat dukungan dari sebagian besar tokoh Partai Republik di negara bagian itu, dan jajak pendapat menunjukkan Trump unggul jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)