Pemilu Pendahuluan Partai Republik Memanas, Nikki Haley Kritik Donald Trump

Minggu, 21 Januari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Pemilu Pendahuluan Partai Republik Memanas, Nikki Haley Kritik Donald Trump
Nikki Haley tuding Donald Trump memiliki gangguan kejiwaan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kandidat presiden dari Partai Republik Nikki Haley pada hari Sabtu mempertanyakan kebugaran mental Donald Trump setelah dia tampak membingungkannya dengan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi ketika berbicara tentang serangan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021.

“Tadi malam, Trump menghadiri rapat umum dan dia terus-menerus menyebut saya beberapa kali tentang mengapa saya tidak menjaga keamanan selama kerusuhan Capitol. Mengapa saya tidak menangani 6 Januari dengan lebih baik. Saya bahkan tidak berada di DC pada 6 Januari. Saya tidak berada di kantor saat itu,” kata Haley, dilansir CNN.

“Mereka bilang dia bingung. Bahwa dia sedang membicarakan hal lain. Bahwa dia sedang berbicara tentang Nancy Pelosi. Dia menyebut saya berkali-kali dalam skenario itu,” tambah mantan gubernur Carolina Selatan itu.

Haley mengatakan kepada para pemilih di Keene, New Hampshire: “Kekhawatiran saya adalah – saya tidak mengatakan sesuatu yang menghina, tapi ketika Anda menghadapi tekanan dari sebuah kepresidenan, kita tidak bisa memiliki orang lain yang kita pertanyakan. apakah mereka sehat secara mental untuk melakukannya.”



Komentarnya muncul setelah Trump mengatakan pada kampanye di New Hampshire, “Ngomong-ngomong, mereka tidak pernah melaporkan kerumunan orang pada 6 Januari. Anda tahu, Nikki Haley, Nikki Haley, Nikki Haley… tahukah Anda bahwa mereka menghancurkan semuanya? informasinya, semua buktinya, semuanya, dihapus dan dimusnahkan semuanya?

Semua itu, karena banyak hal, seperti Nikki Haley yang bertanggung jawab atas keamanan, "kami menawarkan 10.000 orang, tentara, garda nasional, apa pun yang mereka inginkan. Mereka menolaknya.”

Selain membingungkan Haley dengan Pelosi, anggapan Trump bahwa ketua DPR bertanggung jawab atas keamanan Capitol AS tidaklah akurat, seperti yang telah diperiksa faktanya oleh CNN sebelumnya.

“Kami membutuhkan orang-orang yang berada di puncak permainan mereka,” kata Haley dalam wawancara dengan Fox News, Sabtu. “Saya tidak mengatakan bahwa ini adalah situasi yang dialami Joe Biden, tetapi saya ingin mengatakan, apakah kita benar-benar akan memilih dua orang berusia delapan puluh tahun untuk mencalonkan diri sebagai presiden?”

Pada hari-hari sebelum pemilihan pendahuluan di New Hampshire pada hari Selasa, Haley, 52 tahun, berusaha menyoroti kesenjangan usianya dengan Trump, 77 tahun, dan Presiden Joe Biden, 81 tahun. Dia juga bersikeras menyerukan batasan masa jabatan dan tes kompetensi mental bagi politisi mana pun. usia 75 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)