3 Negara Sekutu Iran yang Memiliki Senjata Nuklir, Siapa Saja?

Rabu, 24 Januari 2024 - 14:15 WIB
loading...
3 Negara Sekutu Iran yang Memiliki Senjata Nuklir, Siapa Saja?
Sistem rudal balistik antarbenua Yars Rusia melaju di Lapangan Merah selama parade militer pada Hari Kemenangan, di pusat kota Moskow, Rusia, 9 Mei 2023. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Terdapat sejumlah negara sekutu Iran yang diketahui memiliki senjata nuklir. Salah satunya adalah Rusia.

Pada statusnya, Iran termasuk sebagai salah satu negara kuat di Timur Tengah. Namun, hubungannya dengan negara-negara lain terbilang kurang bagus.

Kendati begitu, bukan berarti Iran tidak memiliki sekutu. Ada beberapa negara di dunia yang memang menjalin banyak kerja sama di berbagai sektor dengan Teheran. Beberapa di antaranya juga punya kekuatan militer mumpuni, termasuk memiliki senjata nuklir.

Negara Sekutu Iran yang Punya Senjata Nuklir

1. Rusia


Rusia menjadi salah satu negara dengan hulu ledak nuklir terbanyak di dunia. Menurut data Statista, per Januari 2023, setidaknya mereka punya 5.889 hulu ledak nuklir, lebih banyak dari Amerika Serikat.

Pada hubungannya dengan negara lain, Rusia terbilang tidak punya banyak sekutu. Namun, ada satu yang sedang ‘mesra’ sejak perang di Ukraina berlangsung, yaitu Iran.

Perang Ukraina menjadi salah satu momen yang sudah mengubah hubungan Iran-Rusia. Akibat konflik tersebut, baik Moskow ataupun Teheran telah meningkatkan kerja sama di bidang militer, ekonomi, dan politik.

Mengutip European Council on Foreign Relations, Iran telah menjadi salah satu kolaborator paling signifikan Rusia dalam perang di Ukraina, khususnya dalam hal bantuan senjata.

Hubungan yang menguat ini tentunya menjadi ancaman langsung terhadap Amerika Serikat maupun negara-negara Barat lain.

Di satu sisi, kerja sama Rusia-Iran bisa memperpanjang perang di Ukraina. Selain itu, hubungannya juga ditakutkan mengganggu stabilitas Timur Tengah serta melemahkan pengaruh Barat di kawasan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)