Slovakia Usir Tiga Diplomat Rusia Atas Dugaan Mata-mata

Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:19 WIB
loading...
A A A
Negara berpenduduk 5,5 juta jiwa itu tidak ambil bagian ketika Amerika Serikat (AS), NATO, dan 25 sekutunya termasuk Jerman serta Prancis mengusir hampir 130 diplomat Rusia untuk mendukung Inggris, setelah serangan racun terhadap mantan mata-mata Sergei Skripal pada 2018. (Baca: 'Dikeroyok' Amerika Cs, 100 Lebih Diplomat Rusia Diusir )

Mantan Ketua Parlemen Slovakia, Andrej Danko, juga sering melakukan perjalanan ke Moskow untuk bertemu dengan Ketua Duma Vyacheslav Volodin, yang termasuk dalam daftar sanksi UE dan AS.

Kementerian Luar Negeri Rusia akan menanggapi pengusiran tersebut dengan tindakan diplomatik timbal balik, lapor kantor berita Interfax.

Mata-mata Rusia telah meningkatkan aktivitas di bagian timur UE, berusaha mengeksploitasi sentimen anti-Barat yang membara di bekas satelit Soviet. Di negara tetangga Republik Ceko, dua diplomat Rusia diusir pada bulan Juni setelah mengarang tipuan tentang rencana serangan terhadap politisi lokal.(Baca: Sebar Hoaks Serangan Racun, Ceko Usir Dua Diplomat Rusia )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)