Muncul Kasus Covid-19 Baru, Selandia Baru Lockdown Auckland

Rabu, 12 Agustus 2020 - 00:21 WIB
loading...
Muncul Kasus Covid-19 Baru, Selandia Baru Lockdown Auckland
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WELLINGTON - Selandia Baru telah mengunci kembali kota terbesarnya, Auckland, setelah mencatat empat kasus Covid-19 baru. Ini mengakhiri 102 hari berturut-turut tanpa kasus infeksi lokal.

Penguncian atau lockdown selama tiga hari dengan cepat diberlakukan di Auckland setelah kasus-kasus dikonfirmasi. Empat kasus baru ini semuanya adalah anggota satu keluarga. Tidak ada yang bepergian baru-baru ini.

Pembatasan akan mulai berlaku pada hari Rabu, ketika pihak berwenang berusaha melacak kontak keluarga tersebut.

Penduduk Auckland akan diminta untuk tinggal di rumah, pertemuan besar akan dilarang, bisnis yang tidak penting akan ditutup, dan beberapa pembatasan jarak sosial akan diberlakukan kembali di seluruh negara.

Selandia Baru bernasib lebih baik daripada negara lain, mencatat 1.220 kasus yang dikonfirmasi dan 22 kematian sejak virus itu muncul pada akhir Februari.

Sebelumnya, Selandia Baru telah melewati 102 hari tanpa mencatat kasus Covid-19 yang ditularkan secara lokal, salah satu dari sedikit negara yang mencapai tonggak sejarah seperti itu.(Baca: Selandia Baru Catatkan 100 Hari Bebas Transmisi Lokal Covid-19 )

Semua 22 kasus aktif virus sebelum pengumuman Selasa termasuk di antara para pelancong yang kembali yang dikarantina di fasilitas isolasi.

Dipuji secara internasional atas penanganan pandemi, pemerintah negara itu telah mencabut hampir semua pembatasan penguncian, yang pertama kali diberlakukan pada bulan Maret.

Penguncian awal, pembatasan perbatasan yang ketat, pesan kesehatan yang efektif, serta program uji-dan-pelacakan yang agresif semuanya telah dikreditkan dengan hampir menghilangkan virus di negara itu.

Tetapi karena infeksi terus meningkat di seluruh dunia, melebihi 20 juta secara global pada hari Selasa, pejabat Selandia Baru telah memperingatkan agar tidak berpuas diri.(Baca: Hadapi Dampak Covid-19, Indonesia-Selandia Baru Sepakat Tingkatkan Kerja Sama )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)