5 Dampak Krisis Laut Merah bagi Eropa

Minggu, 21 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
5 Dampak Krisis Laut Merah bagi Eropa
Krisis laut merah memiliki dampak nyata bagi negara-negara di Eropa. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Serangan selama berminggu-minggu oleh kelompok perjuangan Houthi yang didukung Iran terhadap kapal-kapal di Laut Merah telah mengganggu pelayaran di Terusan Suez, rute laut tercepat antara Asia dan Eropa yang membawa 12% lalu lintas peti kemas global.

Bagi perekonomian Eropa, yang telah melewati resesi ringan dalam upayanya untuk melepaskan diri dari inflasi yang tinggi, gangguan yang berkepanjangan akan menjadi risiko baru terhadap prospek perekonomiannya dan dapat menggagalkan rencana bank sentral untuk mulai memangkas suku bunga tahun ini.

5 Dampak Krisis Laut Merah bagi Eropa

1. Pengiriman Komoditas Menjadi Lebih Lama

5 Dampak Krisis Laut Merah bagi Eropa

Foto/Reuters

Melansir Reuters, secara makroekonomi, kecil hingga dapat diabaikan. Meskipun Kementerian Perekonomian Jerman menekankan bahwa mereka sedang memantau situasi tersebut, pada minggu ini Kementerian Ekonomi Jerman mengatakan bahwa satu-satunya dampak nyata terhadap produksi sejauh ini adalah beberapa kasus perpanjangan waktu pengiriman.

Kepala Bank of England Andrew Bailey sependapat, dan mengatakan pada sidang parlemen bahwa hal tersebut "belum benar-benar memberikan dampak yang saya khawatirkan", namun mengakui bahwa ketidakpastian masih nyata.


2. Peningkatan Inflasi

5 Dampak Krisis Laut Merah bagi Eropa

Foto/Reuters

Melansir Reuters, belum ada dampak dari serangan tersebut terhadap indikator-indikator ekonomi utama Eropa – termasuk angka inflasi bulan Desember, yang sedikit meningkat di seluruh wilayah ini karena gabungan dari dampak statistik yang diperkirakan, beberapa dampak yang terjadi hanya sekali dan beberapa tekanan pada harga jasa.

Hal tersebut mungkin berubah - perhatikan pembacaan awal PMI pada hari Rabu depan untuk aktivitas perekonomian Eropa pada bulan Januari, dan perkiraan pertama pada tanggal 1 Februari, membuka tab baru pada inflasi zona euro untuk bulan yang sama. Presiden ECB Christine Lagarde mungkin akan membicarakan masalah ini dalam konferensi persnya setelah pertemuan penetapan suku bunga Kamis depan.

3. Mewaspadai Kenaikan Harga Minyak

5 Dampak Krisis Laut Merah bagi Eropa

Foto/Reuters

Alasan utamanya mungkin karena kinerja perekonomian global secara keseluruhan masih berada di bawah standar, yang berarti terdapat banyak kelonggaran dalam sistem.

Misalnya saja harga minyak, yang merupakan jalur paling jelas dimana permasalahan di Timur Tengah dapat menghantam perekonomian di Eropa dan sekitarnya.

Hal ini belum terjadi karena, seperti yang dikatakan direktur eksekutif Badan Energi Internasional Fatih Birol kepada Reuters pekan ini, pasokan masih kuat dan pertumbuhan permintaan melambat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)