5 Motif Tentara Israel Menghancurkan Kuburan Muslim saat Invasi Darat ke Gaza

Sabtu, 20 Januari 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Namun, setidaknya dalam dua kasus, terlihat jelas bahwa upaya untuk menghormati orang mati telah dilakukan – di pemakaman di mana warga Palestina tidak dikuburkan.

Hanya setengah mil dari pemakaman Al-Tuffah yang hancur, di sebelah timur Kota Gaza, sebuah pemakaman yang menyimpan sebagian besar jenazah tentara Inggris dan Australia yang tewas dalam Perang Dunia I dan II sebagian besar masih utuh. Sebuah kawah di kuburan muncul dalam citra satelit antara tanggal 8 Oktober dan 15 Oktober, namun kawah tersebut tidak tersentuh oleh perang.

Pemakaman kedua yang dikelola oleh Komisi Makam Perang Persemakmuran di Gaza tengah memberikan contoh yang lebih nyata. Kendaraan hancur dan jalan hancur berserakan di sekitar pekuburan. Namun kuburan itu sendiri, yang berisi kuburan sebagian besar umat Kristen dan beberapa tentara Yahudi dari Perang Dunia I, masih utuh.

Apa yang terjadi jelas merupakan pelanggaran terhadap aturan-aturan dasar ini dan dianggap sebagai kejahatan perang karena ‘melakukan penghinaan terhadap martabat pribadi’ berdasarkan Statuta Roma.”

6. Melecehkan Kuburan Warga Muslim

Tentara Israel bahkan berpose dengan bendera Israel di dekat makam seorang tentara Yahudi yang dimakamkan di sana dan gambar lain yang diposting ke media sosial menunjukkan sebuah tank duduk di tepi kuburan – menghormati kesucian tanah suci tersebut.

Penghormatan terhadap beberapa orang yang meninggal, namun tidak pada orang lain, merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional, kata Muna Haddad, seorang pengacara hak asasi manusia dan peneliti mengenai perlakuan terhadap orang mati, kepada CNN.

“Apa yang terjadi jelas merupakan pelanggaran terhadap aturan dasar ini dan dianggap sebagai kejahatan perang karena ‘melakukan penghinaan terhadap martabat pribadi’ berdasarkan Statuta Roma,” katanya.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)