5 Motif Tentara Israel Menghancurkan Kuburan Muslim saat Invasi Darat ke Gaza

Sabtu, 20 Januari 2024 - 21:21 WIB
loading...
5 Motif Tentara Israel Menghancurkan Kuburan Muslim saat Invasi Darat ke Gaza
Tentara Israel menghancurkan banyak kuburan Muslim saat invasi ke Gaza. Foto/Anadolu
A A A
GAZA - Militer Israel menghancurkan setidaknya 16 kuburan dalam serangan daratnya di Gaza. Itu menyebabkan batu nisan hancur, tanah terbalik, dan, pencurian mayat-mayat.

Di Khan Younis, di Gaza selatan, di mana pertempuran meningkat awal pekan ini, pasukan Israel menghancurkan sebuah kuburan, memindahkan mayat-mayat yang menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kepada CNN adalah bagian dari pencarian sisa-sisa sandera yang ditangkap oleh Hamas selama serangan 7 Oktober.

CNN telah meninjau citra satelit dan rekaman media sosial yang menunjukkan penghancuran kuburan dan menyaksikannya secara langsung saat melakukan perjalanan dengan IDF dalam konvoi. Bukti-bukti tersebut secara keseluruhan mengungkap praktik sistematis yang dilakukan pasukan darat Israel di Jalur Gaza.

Penghancuran yang disengaja terhadap situs-situs keagamaan, seperti kuburan, melanggar hukum internasional, kecuali dalam keadaan sempit terkait dengan situs tersebut yang menjadi tujuan militer, dan para ahli hukum mengatakan kepada CNN bahwa tindakan Israel dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Kenapa Tentara Israel Menghancurkan Banyak Kuburan saat Invasi Darat ke Gaza?

1. Membongkar Kuburan yang jadi Strategi dan Alat Militer Hamas

5 Motif Tentara Israel Menghancurkan Kuburan Muslim saat Invasi Darat ke Gaza

Foto/Anadolu

Seorang juru bicara IDF tidak dapat menjelaskan penghancuran 16 kuburan yang koordinatnya diberikan oleh CNN, namun mengatakan bahwa militer terkadang “tidak punya pilihan lain” selain menargetkan kuburan yang diklaim digunakan oleh Hamas untuk tujuan militer.

IDF mengatakan menyelamatkan para sandera dan menemukan serta mengembalikan jenazah mereka adalah salah satu misi utamanya di Gaza, itulah sebabnya jenazah dipindahkan dari beberapa kuburan.

“Proses identifikasi sandera, yang dilakukan di lokasi yang aman dan alternatif, memastikan kondisi profesional yang optimal dan rasa hormat terhadap orang yang meninggal,” kata juru bicara IDF kepada CNN, seraya menambahkan bahwa jenazah yang ditentukan bukan sandera akan “dikembalikan dengan bermartabat dan hormat.”


2. Jadikan sebagai Pos Militer

5 Motif Tentara Israel Menghancurkan Kuburan Muslim saat Invasi Darat ke Gaza

Foto/Anadolu

Namun dalam kasus lain, militer Israel tampaknya menggunakan kuburan sebagai pos militer. Analisis CNN terhadap citra satelit dan video menunjukkan bahwa buldoser Israel mengubah beberapa kuburan menjadi tempat pementasan, meratakan petak-petak yang luas dan mendirikan tanggul untuk memperkuat posisi mereka.

Di lingkungan Shajaiya di Kota Gaza, kendaraan militer Israel terlihat di tempat kuburan itu dulu berdiri, dengan tanggul mengelilingi mereka di semua sisi. Bagian tengah pemakaman Shajaiya telah dibersihkan sebelum perang. Namun citra satelit menunjukkan bagian lain baru saja dibuldoser, dan kehadiran IDF terlihat mulai tanggal 10 Desember.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)