5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Sabtu, 20 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024
Mahkamah Agung memiliki perang yang strategi dalam pemilu presiden AS 2024. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketika musim pemilihan pendahuluan presiden Amerika Serikat dimulai, Mahkamah Agung diperkirakan akan mempertimbangkan beberapa kasus penting yang dapat mempengaruhi hasil pemilu.

Namun para ahli mengatakan hal ini menempatkan pengadilan pada posisi yang berbahaya. Ketika kandidat terdepan dari Partai Republik dan mantan presiden Donald Trump terlibat dalam berbagai proses hukum, pengadilan mungkin terpaksa menghadapi batas-batas ketidakberpihakannya.

Beberapa hakim bahkan mungkin harus mengevaluasi secara terbuka perilaku mantan presiden yang menominasikan mereka untuk jabatan tersebut. Trump, bagaimanapun, dipuji karena memberikan pengadilan mayoritas super konservatif saat ini, setelah menunjuk tiga hakim agung selama masa jabatannya.

"Kasus-kasus Trump akan menjadi ujian apakah pengadilan dapat mengesampingkan preferensi dan bias politik mereka”, kata Michael Gerhardt, seorang profesor yurisprudensi di Universitas North Carolina di Chapel Hill, dilansir Al Jazeera.

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

1. Menguji Batas Kekebalan Presiden

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Salah satu kasus yang kemungkinan besar akan dibawa ke Mahkamah Agung berkaitan dengan klaim luas Trump atas kekebalan atas tindakan yang diambilnya saat menjadi presiden.

Jaksa federal, yang dipimpin oleh penasihat khusus Jack Smith, berpendapat Trump berkonspirasi untuk membatalkan hasil pemilu 2020 pada hari-hari terakhirnya menjabat. Namun tim hukum Trump telah meminta sistem pengadilan untuk membatalkan dakwaan tersebut, dengan alasan bahwa, sebagai presiden, dia kebal terhadap tuntutan pidana.

Pengadilan banding mendengarkan argumen dalam kasus ini bulan ini. Jika Trump kalah dalam hal ini, kemungkinan besar dia akan mengajukan banding lagi ke Mahkamah Agung.

Gerhardt mengatakan kasus kekebalan Trump akan sulit untuk dilakukan. “Argumen kekebalan Trump sangat lemah. Faktanya, itu buruk. Dan saya sulit membayangkan pengadilan mana pun akan menyetujui argumennya," ungkapnya dilansir Al Jazeera.

Namun Gerhardt menambahkan Mahkamah Agung mungkin tidak akan mengambil kasus ini sama sekali, dan membiarkan keputusan pengadilan banding federal sebagai keputusan terakhir. “Mereka mungkin tidak ingin terlibat sama sekali. Kasus kekebalan mungkin memberikan peluang besar bagi pengadilan untuk tidak ikut campur.”


2. Menentukan Nasib Trump pada Pemilu Pendahuluan Partai Republik

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)