5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Sabtu, 20 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024
Mahkamah Agung memiliki perang yang strategi dalam pemilu presiden AS 2024. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketika musim pemilihan pendahuluan presiden Amerika Serikat dimulai, Mahkamah Agung diperkirakan akan mempertimbangkan beberapa kasus penting yang dapat mempengaruhi hasil pemilu.

Namun para ahli mengatakan hal ini menempatkan pengadilan pada posisi yang berbahaya. Ketika kandidat terdepan dari Partai Republik dan mantan presiden Donald Trump terlibat dalam berbagai proses hukum, pengadilan mungkin terpaksa menghadapi batas-batas ketidakberpihakannya.

Beberapa hakim bahkan mungkin harus mengevaluasi secara terbuka perilaku mantan presiden yang menominasikan mereka untuk jabatan tersebut. Trump, bagaimanapun, dipuji karena memberikan pengadilan mayoritas super konservatif saat ini, setelah menunjuk tiga hakim agung selama masa jabatannya.

"Kasus-kasus Trump akan menjadi ujian apakah pengadilan dapat mengesampingkan preferensi dan bias politik mereka”, kata Michael Gerhardt, seorang profesor yurisprudensi di Universitas North Carolina di Chapel Hill, dilansir Al Jazeera.

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

1. Menguji Batas Kekebalan Presiden

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Salah satu kasus yang kemungkinan besar akan dibawa ke Mahkamah Agung berkaitan dengan klaim luas Trump atas kekebalan atas tindakan yang diambilnya saat menjadi presiden.

Jaksa federal, yang dipimpin oleh penasihat khusus Jack Smith, berpendapat Trump berkonspirasi untuk membatalkan hasil pemilu 2020 pada hari-hari terakhirnya menjabat. Namun tim hukum Trump telah meminta sistem pengadilan untuk membatalkan dakwaan tersebut, dengan alasan bahwa, sebagai presiden, dia kebal terhadap tuntutan pidana.

Pengadilan banding mendengarkan argumen dalam kasus ini bulan ini. Jika Trump kalah dalam hal ini, kemungkinan besar dia akan mengajukan banding lagi ke Mahkamah Agung.

Gerhardt mengatakan kasus kekebalan Trump akan sulit untuk dilakukan. “Argumen kekebalan Trump sangat lemah. Faktanya, itu buruk. Dan saya sulit membayangkan pengadilan mana pun akan menyetujui argumennya," ungkapnya dilansir Al Jazeera.

Namun Gerhardt menambahkan Mahkamah Agung mungkin tidak akan mengambil kasus ini sama sekali, dan membiarkan keputusan pengadilan banding federal sebagai keputusan terakhir. “Mereka mungkin tidak ingin terlibat sama sekali. Kasus kekebalan mungkin memberikan peluang besar bagi pengadilan untuk tidak ikut campur.”


2. Menentukan Nasib Trump pada Pemilu Pendahuluan Partai Republik

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Mahkamah Agung telah diminta untuk campur tangan dalam kasus lain, mengenai apakah negara bagian dapat mencoret Trump dari pemilu pendahuluan mereka.

Colorado dan Maine berpendapat bahwa Trump tidak memenuhi syarat untuk ikut dalam pemilihan karena tindakannya pada 6 Januari 2021, ketika para pendukungnya menyerbu Capitol AS untuk mencegah Kongres mengesahkan hasil pemilu 2020.

Kedua negara bagian tersebut mengutip Amandemen ke-14 Konstitusi AS, yang mencakup bagian yang melarang individu memegang jabatan publik jika mereka bersumpah setia dan kemudian membantu pemberontakan.

Trump telah berbicara dengan para perusuh sebelum serangan di Capitol pada tahun 2021, mengulangi klaim palsu bahwa pemilu telah dicuri dan menyerukan massa untuk “berjuang sekuat tenaga”.

Para ahli mengatakan kepada Al Jazeera bahwa, dari semua kasus yang mungkin diambil Mahkamah Agung pada tahun 2024, keputusan Mahkamah Agung mengenai apakah Trump dapat dicopot dari pemungutan suara negara bagian dapat memiliki dampak terbesar pada pemilu.

Mahkamah Agung belum pernah memutuskan apa yang disebut “klausul pemberontakan”. Tindakan negara bagian tersebut juga menandai pertama kalinya dalam sejarah klausul tersebut digunakan terhadap calon presiden.

Sementara itu, pengacara Trump berargumen bahwa masih belum jelas apakah undang-undang tersebut berlaku di kantor kepresidenan, dan mereka menganggap pernyataan Trump berada dalam batasan kebebasan berpendapat.

3. Diprediksi Akan Memberikan Kemenangan Trump

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Pengadilan dijadwalkan mendengarkan argumen dalam kasus ini mulai tanggal 8 Februari, menjelang pemilihan pendahuluan Maine dan Colorado pada tanggal 5 Maret. Setiap pemungutan suara pendahuluan membantu memutuskan kandidat mana yang menerima nominasi dari partai besar.

Mark Graber, seorang profesor hukum di Fakultas Hukum Universitas Maryland, mengatakan hakim Mahkamah Agung ingin kasus ini diselesaikan dengan cepat untuk mencegah kebingungan pemilih.

“Mereka kemungkinan besar akan mempertimbangkannya dengan cepat, dalam artian mereka akan menyadari bahwa hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja,” kata Graber tentang para hakim tersebut.

“Sejauh ini, dia [Trump] belum pernah dikeluarkan dari pemungutan suara apa pun ketika pemilihan pendahuluan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.” Musim utama akan dimulai pada 23 Januari dengan pemungutan suara di New Hampshire.

Barbara Perry, profesor studi kepresidenan di Universitas Virginia, memperkirakan Mahkamah Agung yang konservatif pada akhirnya akan mengambil keputusan yang mendukung Trump.

“Saya pikir kemungkinan besar mereka akan mengalami hal tersebut,” katanya kepada Al Jazeera. “Biasanya, para ilmuwan politik telah menemukan bahwa para hakim cenderung mengikuti ideologi presiden yang mereka pilih sebanyak 70 hingga 80 persen.”

Graber menyebut kasus ini “sangat menantang” bagi para hakim pengadilan, terutama mengingat kecenderungan politik mereka.

“Akan sangat sulit untuk menghindari munculnya bias, mengingat sifat kasusnya,” jelasnya. “Seperti halnya aborsi, semua orang percaya bahwa posisi mereka adalah posisi netral, dan siapa pun yang mengambil keputusan berbeda jelas-jelas bias.”

4. Ada Bias di Bangku Cadangan

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Pertanyaan tentang bias hukum semakin menjadi perhatian Mahkamah Agung. Secara historis, pengadilan tinggi dibingkai sebagai badan yang berdiri di atas politik, dan hanya bertanggung jawab pada hukum.

Namun gambaran tersebut terguncang karena pengadilan menghadapi pertanyaan mengenai kredibilitasnya.

Opini publik terhadap Mahkamah Agung baru-baru ini turun ke titik terendah dalam sejarah. Pada tahun 2023, Pew Research Center menemukan bahwa hanya 44 persen masyarakat Amerika yang memandang positif pengadilan tersebut – menandai pertama kalinya sejak tahun 1987 mayoritas masyarakat Amerika menyatakan ketidaksetujuannya.

Perry memuji rendahnya peringkat persetujuan terhadap pelanggaran etika dan keputusan kontroversial mengenai aborsi dan tindakan afirmatif dalam pendidikan tinggi.

Salah satu hakim yang menjadi pusat skandal Mahkamah Agung baru-baru ini adalah Clarence Thomas, seorang hakim konservatif yang menghadapi seruan untuk mengundurkan diri dari kasus-kasus yang berkaitan dengan Trump.

Laporan media di AS mengindikasikan bahwa istrinya, aktivis Ginni Thomas, mendesak para pejabat untuk menolak hasil pemilu 2020, yang menunjukkan Trump kalah dari Joe Biden dari Partai Demokrat. Laporan-laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Thomas bisa mendapatkan keuntungan finansial jika Trump terpilih kembali.

Namun para pakar seperti Perry ragu Thomas akan mundur jika dihadapkan pada kasus pemilu yang penting.

“Dia biasanya tidak mengundurkan diri,” kata Perry, sambil menunjukkan bahwa sebagian besar tanggung jawab terletak pada hakim untuk menjaga etika mereka sendiri. “Para hakim harus membuat keputusan itu.”

5. Mencari Persatuan di Pengadilan

5 Peran Penting Mahkamah Agung AS dalam Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Namun, risikonya besar bagi pengadilan tinggi. Persepsi bias selama tahun pemilu yang berlangsung ketat dapat semakin mengikis kepercayaan masyarakat terhadap hakim, yang keputusannya menentukan cara penafsiran undang-undang tersebut.

“Pada saat itulah pengadilan berada dalam bahaya terbesar – ketika pengadilan dipandang partisan, dan terjerumus ke dalam lumpur politik sehari-hari,” kata Perry.

Para ahli yang berbicara kepada Al Jazeera mengindikasikan bahwa Ketua Hakim John Roberts kemungkinan akan meminta pendapat bulat dari kesembilan hakim dalam kasus pemilu tahun ini, untuk menghindari reaksi publik.

“Pendapat yang bulat akan mengindikasikan, 'Wah, ini bukan politik. Semua orang setuju dengan hal itu.’ Semakin banyak Anda mendapatkan opini yang tidak sesuai dengan garis politik, semakin besar kemungkinan orang menganggap itu hanya politik,” kata Graber.

Perry setuju: “Yang terburuk bagi pengadilan adalah jika pengadilan memutuskan enam banding tiga untuk Trump… Saat itulah pengadilan akan dianggap paling partisan.”

Terakhir kali Mahkamah Agung memainkan peran penting dalam pemilihan presiden adalah pada tahun 2000, ketika Mahkamah Agung memutuskan untuk menghentikan penghitungan ulang suara di Florida, yang secara efektif menetapkan George W Bush sebagai pemenang pemilu.

Meskipun tidak jarang pengadilan tertinggi mempertimbangkan hasil pemilu, Graber mengatakan tahun 2024 tetap menjadi sinyal titik balik dalam sejarah AS.

“Kita berada pada saat di mana banyak negara yang dianggap sebagai negara demokrasi mapan kini berada dalam ancaman. Dan banyak orang menganggap Donald Trump adalah ancaman bagi demokrasi,” ujarnya.

Dia juga mengindikasikan bahwa keputusan pengadilan tinggi telah mempengaruhi pemilu mendatang. “Mereka telah melemahkan Undang-Undang Hak Pilih, mereka mengizinkan persekongkolan – jadi menurut saya ada banyak cara yang mereka lakukan telah melemahkan demokrasi di Amerika Serikat.”

Namun Gerhardt, profesor di Universitas North Carolina di Chapel Hill, meramalkan bahwa tidak ada cabang pemerintah federal yang akan luput dari pengawasan pada tahun pemilu ini.

“Setiap institusi akan ditantang – Mahkamah Agung, Kongres, tentu saja presiden,” katanya. “Jadi menurut saya kita harus bekerja keras dan memperkirakan ini akan menjadi jalan yang bergelombang.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)