Bersua Kim Jong-un, Ini yang Akan Dibahas Moon Jae-in

Kamis, 19 April 2018 - 15:05 WIB
Bersua Kim Jong-un, Ini yang Akan Dibahas Moon Jae-in
Bersua Kim Jong-un, Ini yang Akan Dibahas Moon Jae-in
A A A
JAKARTA - Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Kim Chang-beom mengungkap beberapa hal yang akan diangkat Korsel, dalam pertemuan tingkat tinggi dengan Korea Utara (Korut). Pertemuan tersebut akan dihadiri langsung akan Presiden Korsel, Moon Jae-in, dan pemimpin Korut, Kim Jong-un, pada pekan depan.

Berbicara saat melakukan jumpa wartawan di Jakarta, Kamis (19/4/2018), Chang-beom menyatakan setidaknya ada tiga hal akan diangkat Korsel dalam pertemuan tersebut. Tiga hal itu adalah denuklirisasi, perdamaian Korea, dan penguatan kerja sama kedua Korea.

"Hal pertama yang akan menjadi fokus kami adalah adalah mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea, kedua adalah mengenai mempertahankan perdamaian di Semenanjung Korea," ucap Chang-beom.

Ia menyatakan mempertahankan perdamaian di Semenanjung Korea adalah hal yang sangat penting, karena secara teknis kedua negara masih dalam kondisi perang hingga saat ini. Dirinya berharap pertemuan ini bisa menghasilkan sebuah kesepakatan damai yang bisa menghapus status tersebut.

"Lalu, hal ketiga yang akan dibahas adalah mengenai perkembangan hubungan Korsel dan Korut. Perkembangan ini akan bergantung pada hasil pembicaraan mengenai denuklirisasi dan keamanan," terangnya.

Ketika ditanya perkembangan dalam hal apa yang akan dibahas, dia menyebut dalam berbagai bidang, termasuk di dalamnya mengenai hubungan ekonomi antara kedua negara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4343 seconds (0.1#10.140)