6 Dampak Serangan Houthi di Laut Merah terhadap Ekonomi dan Politik Israel

Senin, 15 Januari 2024 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Salah satu kerentanan akut mungkin adalah ambisi Israel untuk menjadikan diri mereka sebagai eksportir Gas Alam Cair (LNG) yang mana Israel mempunyai pangsa kecil namun terus berkembang di pasar internasional yang penting.

“Sebelum serangan (7 Oktober), Israel sedang dalam perjalanan untuk menjadi eksportir gas yang dapat diandalkan,” kata Gabrielle Reid, direktur asosiasi di konsultan risiko S-RM.

“Namun, permusuhan telah memperburuk risiko politik dalam melakukan bisnis di Israel dan semakin membahayakan prospek kawasan Mediterania Timur sebagai pemain penting dalam pasar gas alam global,” katanya.

5. Lalu Lintas Kapal di Laut Merah Terganggu

6 Dampak Serangan Houthi di Laut Merah terhadap Ekonomi dan Politik Israel

Foto/Reuters

Menurut Clarkson Research Services Ltd, lalu lintas melalui Laut Merah saat ini turun 44 persen dibandingkan paruh pertama bulan Desember, karena semakin banyak kapal yang mengambil rute lebih jauh di sekitar Tanjung Harapan untuk mencapai pelabuhan.

Selain peningkatan biaya bahan bakar dan tenaga kerja, hal ini juga meningkatkan biaya asuransi dan dapat menyebabkan penundaan, karena kemacetan di pelabuhan juga berdampak buruk.

Menurut Drewry World Container Index, yang melacak pelayaran di delapan rute utama antara AS, Eropa, dan Asia, biaya pengangkutan kontainer berukuran 40 kaki (12 meter) dari Tiongkok ke Eropa diperkirakan akan meningkat sebesar 248 persen dari $1,148 pada bulan November. , saat serangan dimulai.

Tergantung pada bagaimana perusahaan pelayaran merespons, Simon Heaney, manajer senior penelitian kontainer di Drewry, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa biaya keseluruhan dapat meningkat antara 3 dan 21 persen.

Keterlambatan juga akan menjadi faktor penting, karena sebagian besar proses manufaktur “Just In Time” di negara maju, di mana barang dikirim beberapa saat sebelum dibutuhkan, kesulitan beradaptasi terhadap gangguan.

6. Perekonomian Global Terguncang

6 Dampak Serangan Houthi di Laut Merah terhadap Ekonomi dan Politik Israel

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, meskipun permintaan terhadap barang-barang manufaktur dari negara-negara seperti China dan India saat ini masih lebih rendah dibandingkan saat puncak pandemi, setiap perubahan biaya atau gangguan terhadap jadwal pengiriman kemungkinan besar akan membawa konsekuensi.

Namun, meskipun kenaikan biaya transportasi dapat menyebabkan inflasi – Dana Moneter Internasional memperkirakan bahwa kekacauan rute pelayaran selama pandemi menyebabkan peningkatan inflasi global sebesar 1 persen – hal tersebut belum terjadi, menurut para ekonom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)