6 Dampak Serangan Houthi di Laut Merah terhadap Ekonomi dan Politik Israel

Senin, 15 Januari 2024 - 15:23 WIB
loading...
A A A
Bagi banyak operator, risiko terhadap kapal dan awak kapal sangatlah besar. Minggu ini, maskapai penerbangan milik negara Tiongkok Cosco bergabung dengan anak perusahaannya, OOCL dalam menangguhkan pengiriman ke Israel.

Namun, Brad Martin, mantan kapten Angkatan Laut AS dan direktur Institut Keamanan Rantai Pasokan di RAND Corporation memperingatkan agar tidak melebih-lebihkan tantangan yang dihadapi Israel.

“Gangguan pelayaran di Laut Merah, dan bahkan beberapa pengirim barang menolak kargo Israel, tidak akan membawa Israel ke sanaberlutut secara ekonomi,” ungkap Martin.

“Arus melalui Mediterania kemungkinan akan terus berlanjut tanpa hambatan. Israel mungkin berada dalam posisi yang lebih baik dalam menyerap gangguan dibandingkan sebagian besar negara tetangganya. Namun, pelayaran dan perdagangan dapat menjadi sasaran tindakan diplomatik dan politik, sehingga isolasi yang merugikan secara ekonomi pasti dapat terjadi,” katanya.

4. Melemahkan Perekonomian Israel

6 Dampak Serangan Houthi di Laut Merah terhadap Ekonomi dan Politik Israel

Foto/Reuters

Meskipun para analis sepakat bahwa dampak langsung serangan pemberontak Houthi terhadap perekonomian Israel terbatas, namun semakin lama gangguan tersebut berlanjut, dampaknya mungkin akan semakin besar.

Salah satu kerentanan akut mungkin adalah ambisi Israel untuk menjadikan diri mereka sebagai eksportir Gas Alam Cair (LNG) yang mana Israel mempunyai pangsa kecil namun terus berkembang di pasar internasional yang penting.

“Sebelum serangan (7 Oktober), Israel sedang dalam perjalanan untuk menjadi eksportir gas yang dapat diandalkan,” kata Gabrielle Reid, direktur asosiasi di konsultan risiko S-RM.

“Namun, permusuhan telah memperburuk risiko politik dalam melakukan bisnis di Israel dan semakin membahayakan prospek kawasan Mediterania Timur sebagai pemain penting dalam pasar gas alam global,” katanya.

5. Lalu Lintas Kapal di Laut Merah Terganggu

6 Dampak Serangan Houthi di Laut Merah terhadap Ekonomi dan Politik Israel

Foto/Reuters

Menurut Clarkson Research Services Ltd, lalu lintas melalui Laut Merah saat ini turun 44 persen dibandingkan paruh pertama bulan Desember, karena semakin banyak kapal yang mengambil rute lebih jauh di sekitar Tanjung Harapan untuk mencapai pelabuhan.

Selain peningkatan biaya bahan bakar dan tenaga kerja, hal ini juga meningkatkan biaya asuransi dan dapat menyebabkan penundaan, karena kemacetan di pelabuhan juga berdampak buruk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)